Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

INSA Siap Bersinergi dengan Dirjen Perhubungan Laut yang Baru

"Semoga ini menjadi langkah baru dalam menyongsong kejayaan industri pelayaran Indonesia"

INSA Siap Bersinergi dengan Dirjen Perhubungan Laut yang Baru
Tribunnews.com/Hendra Gunawan
Ketua Umum INSA, Carmelita Hartoto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) menyatakan siap bersinergi dengan Ir. Agus H. Purnomo sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan yang baru setelah melalui proses lelang jabatan terbuka.

Sebagai asosiasi pengusaha pelayaran nasional yang telah 50 tahun lebih menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan sektor maritim, INSA siap bersinergi dan mendukung Ir. Agus H Purnomo untuk memajukan industri pelayaran Indonesia.

“Kami menyampaikan selamat dan sukses atas terpilihnya Bapak Ir. Agus H Purnomo sebagai Dirjen Perhubungan Laut. Semoga ini menjadi langkah baru dalam menyongsong kejayaan industri pelayaran Indonesia, sebagaimana dicanangkan Presiden Jokowi bahwa Indonesia harus menjadi poros maritim dunia,” ujar Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Baca: Ruas Tol Kunciran-Serpong Diproyesikan Selesai 2018

Carmelita menyampaikan, terpilihnya Agus sebagai Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub diharapkan memberikan energi baru bagi industri pelayaran nasional. Apalagi melihat rekam jejak Agus yang sukses mendorong produk lokal saat memimpin PT INKA.

“Kita tahu bagaimana kereta api dalam negeri yang diproduksi INKA sudah dioperasikan di Indonesia, bahkan produk INKA juga memenangkan beberapa tender di luar negeri. Pengalaman ini tentu dapat diaplikasikan bersama untuk mendorong dunia pelayaran nasional menjadi tuan di rumah sendiri dan menuju pelayaran kelas dunia,” terang wanita yang juga Wakil Ketua Umum KADIN bidang Perhubungan ini.

DPP INSA menyatakan siap bekerja sama dengan Agus untuk menghadapi tantangan industri pelayaran demi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Menurut Carmelita, tantangan itu meliputi banyak aspek industri pelayaran mulai dari keamanan, keselamatan dan sistem pelayaran.

Beberapa di antaranya adalah terkait pengawakan pada kapal niaga nasional, implementasi aturan Non Convention Vessel Standard (NCVS), dan optimalisasi program tol laut.

“Masih ada banyak tantangan lain, namun INSA siap bersama dengan Dirjen Perhubungan Laut untuk mengubah tantangan-tantangan tersebut menjadi peluang untuk memajukan dunia pelayaran nasional,” ujarnya. INSA meyakini peran aktif pelaku usaha akan memberikan dampak positif dalam mensukseskan program-program pemerintah di sektor maritim.

“Sekali lagi, selamat atas terpilihnya Bapak Ir. Agus H. Purnomo, Selamat mengemban amanat Ibu Pertiwi dan kami siap mendukung program di Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub,” pungkas Carmelita.

Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas