Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pemerintah Siap Tambah Jumlah Penerima Bantuan Pangan Nontunai

Tahun ini pemerintah akan kembali menggelontorkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada masyarakat.

Pemerintah Siap Tambah Jumlah Penerima Bantuan Pangan Nontunai
Apfia Tioconny Billy
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani ditemui di kantor Kementerian PMK, Selasa (16/1/2018). 

TRIUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun ini pemerintah akan kembali menggelontorkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada masyarakat. Hingga akhir tahun, ditargetkan ada 10 juta masyarakat yang akan menerima BPNT

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani menyebutkan untuk Januari ini BPNT akan dibagikan kepada 1,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di 44 kota.

Puan mengatakan, setiap bulannya jumlah penerima BPNT akan ditambah. Sementara, pada Februari 2018 mendatang, jumlah keluarga yang menerima bantuan tersebut bertambah menjadi 2,6 juta.

"BPNT itu secara bertahap dalam transisi ini akan menjadi 10 juta namun tidak langsung. Ada angka yang perlu kami tetapkan sesuai kesiapan di lapangan, infrastruktur, dan data yang ada," ucap Puan usai rakor BPNT di Kementerian PMK, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2018).

KPM yang telah menerima BPNT dalam bentuk kartu elektronik 'Kombo' pun dapat membelanjakan beras, maupun bahan pangan lainnya seperti telur, minyak, goreng maupun telur dengan harga murah di warung gotong royong (e-waroong) yang sudah tersedia di 44 kota.

Untuk beras, pemerintah menggandeng Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) untuk penyediaan maupun pendistribusian.

Sama seperti penyelenggaraan pada 2017, Puan menyebutkan peberimaan bantuan berlangsung setiap tanggal 25 setiap bulannya.

"Mulai Januari Bulog akan mendistribusikan bansos rastra kepada pemerintah daerah se-Indonesia untuk diberikan pada 25 Januari 2018," ungkap Puan Maharani.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas