Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Balkon Gedung BEI Roboh

Selasar Tower II BEI Roboh, Ini Laporan Awal Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) langsung mengerahkan tim untuk melakukan pemeriksaan.

Selasar Tower II BEI Roboh, Ini Laporan Awal Kementerian PUPR
KOLASE/TRIBUNWOW
Selasar di Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selasar Tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) roboh pada Senin siang (15/1). Untuk menyelidiki kegagalan bangunan tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) langsung mengerahkan tim untuk melakukan pemeriksaan.

Dari dokumen bertajuk Laporan Kajian Teknis Pendahuluan Kegagalan Bangunan Gedung Tower II Gedung BEI yang diterbitkan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR diketahui ada dua dugaan sementara ambruknya selasar tersebut.

"Konsentrasi beban terkumpul, pada salah satu titik selasar mengakibatkan salah satu penggantung terlepas dari kedudukannya di atas dan memicu penggantung lainnya turut terlepas," tulis dokumen PUPR tersebut.

Sementara dugaan kedua diakibatkan beban momen yang terjadi tidak mampu dipikul oleh tumpuan pada dinding vertikal dan memicu kegagalan bangunan.

Dugaan sementara tersebut dapat terjadi antara lain karena sling putus, penjepit sling terlepas, baut tidak kencang, bait patah, penurunan kekuatan sling, baut atau penjepit akibat korosi, dan robeknya pertemuan baja dengan beton kolom dan/atau balok.

Sementara saat dimintai konfirmasi atas dokumen tersebut Kepala Biro Komunikasi Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja mengatakan laporan tersebut masih berupa kajian awal.

"Kami sampaikan bahwa laporan tersebut masih berupa laporan awal hasil kajian staf Kementerian PUPR yang bersifat unofficial atu tidak resmi," kata Endra, Senin (16/1).

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di KONTAN, dengan judul: Penyebab sementara ambruknya selasar Tower II BEI dari PUPR

Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas