Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Piala Presiden Gerakkan Roda Perekonomian UMKM

Turnamen Piala Presiden pada tahun ini, mampu menggerakan roda perekonomian seluruh pelaku UMKM.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Piala Presiden Gerakkan Roda Perekonomian UMKM
TRIBUNNEWS.COM/ ANDRIAN SALAM
Dokumentasi/Penjual kaos di Stadion GBK. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Turnamen Piala Presiden pada tahun ini, mampu menggerakan roda perekonomian seluruh pelaku UMKM.

Berdasarkan data dari pembawa acara ketika menyampaikan laporannya kepada Presiden Joko Widodo melalui pengeras suara.

Terdapat 1.063 pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sekitaran Stadion Utama Glora Bung Karno saat final terlaksana, Persija Jakarta melawan Bali United.

"Seperti yang Presiden inginkan agar pertandingan berguna bagi masyarakat kecil atau UMKM‎," ucap pembawa acara saat Jokowi bersama rombongan sudah berada di ruang VVIP.

Baca: Hasil Penjualan Tiket Piala Presiden Mencapai Lebih Dari Rp 20 Miliar

Nilai penjualan tiket pada laga final mencapai Rp 6,97 miliar dan berhadiah Rp 3,3 miliar untuk juara pertama, Rp 2,2 miliar juara kedua, dan ketiga mendapatkan Rp 1,1 miliar.

BERITA TERKAIT

"Kalau diadakan tahun depan, maka sudah banyak pihak yang siap mensponsori acara turnamen Piala Presiden dan ‎dipastikan jumlah hadiahnya lebih besar dari tahun ini," sambungnya.

Adapun sponsor dalam laga final Piala Presiden yairu Indika, Indofood, Emtek, dan Smartfren, sehingga tidak menggunakan biaya dari negara sepeserpun.

Pantauan Tribun, Jokowi yang mengenakan jaket tim nasional Indonesia berwarna merah memasuki tribun VVIP sekitar pukul 19.30 WIB yang didampingi sejumlah menteri kabinet kerja.

Di antara, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Sosial Idrus Marham, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian, tampak juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Persija Jakarta berhasil melaju ke babak Final setelah meraih kemenangan atas PSMS Medan dengan agregat 5-1, sedangkan Bali United lolos setelah mengalahakan Sriwijaya FC dengan agregat 1-0.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas