Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kementan, Bulog dan Kemendag Lakukan Langkah Stabilkan Harga Bahan Pangan

Pemerintah juga menggelar bazar pasar murah, monitoring harian, dan pasar e-commerce bahan pokok pertanian

Penulis: Brian Priambudi
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Kementan, Bulog dan Kemendag Lakukan Langkah Stabilkan Harga Bahan Pangan
Tribunnews/JEPRIMA
Seorang pekerja saat mengangkat beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (27/2/2018). Harga akhir beras di tingkat konsumen berada di atas Rp 10 ribu per kilogram harga ini masih lebih tinggi dibanding Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp 9.450 per kilogram. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Brian Priambudi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk menstabilkan harga dan pasokan bahan pangan, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendardi mengatakan ada sejumlah langkah sinergis yang dilakukan Kementrian Pertanian bersama Bulog dan Kementrian Perdagangan.

"Diantaranya pembukaan lapak di pasar untuk meng-influence supaya harga tidak naik," ujar Agung salam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kantor Kementrian Komunikasi dan Informatika, Jum'at (11/5/2018).

Menurut Agung pemerintah juga menggelar bazar pasar murah, monitoring harian, dan pasar e-commerce bahan pokok pertanian, khususnya beras, jagung, bawang, cabe, dan daging ayam.

Baca: Emas Antam Ditransaksikan Rp 660.000 per Gram

Agung juga menyebutkan selama ini ada program pemberdayaan lumbung pangan masyarakat dari Perum Bulog yang merupakan pemegang beras cadangan pemerintah, maksimum 5 persen dari produksi.

"Tapi masyarakat nyatanya juga bisa menjadi instrumen untuk memegang cadangan beras. Kini ada 3.000 lumbung pangan masyarakat, kalau masing-masing menyimpan 50 ton saja itu sudab cukup untuk kebutuhan masyarakat," ujarnya.

"Mekanismenya pun petani dapat meminjam saat tidak panen, dan akan dikembalikan saat petani tersebut panen," tambahnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas