Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Maskapai Indonesia Bisa Terbang Ke Eropa, Bos Kadin: Tentu Kami Gembira

Pemerintah memastikan seluruh maskapai penerbangan asal Indonesia diperbolehkan untuk masuk ke Eropa.

Maskapai Indonesia Bisa Terbang Ke Eropa, Bos Kadin: Tentu Kami Gembira
TribunWow
Ilustrasi Pesawat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Pemerintah memastikan seluruh maskapai penerbangan asal Indonesia diperbolehkan untuk masuk ke Eropa.

Hal tersebut berlaku paska Uni Eropa secara resmi menghapus semua nama maskapai penerbangan Indonesia dari Daftar Keselamatan Penerbangan Uni Eropa.

Baca: Hidayat Nur Wahid: Yang Soraki Pak Anies di Istana Mungkin Pendukungnya Ahok

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani mengaku senang kembali diterimanya maskapai penerbangan Indonesia untuk terbang ke Eropa.

Menurutnya, hal tersebut akan memberi dampak bagi ekonomi, khususnya peningkatan di sektor pariwisata, terlebih di masa musim liburan panjang.

“Tentunya kita senang ya, itu kan bukti bahwa penerbangan kita sudah diterima kembali ke Eropa dan tentunya pasti akan ada dampaknya (secara ekonomi),” kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani saat ditemui saat acara open house Lebaran di Kemang Timur, Jakarta Selatan, Sabtu (16/6/2018).

Rosan menuturkan, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Pahala Nugraha Mansury terkait adanya rencana maskapai pelat merah itu melakukan penerbangan langsung (direct flight) ke Paris.

“Saya ngobrol dengan Direktur Utama Garuda, mau ada penerbangan ke Paris, untuk menambah rute konektivitas serta diharapkan juga untuk pariwisata lebih meningkat karena akan ada penerbangan langsung (direct flight),” ungkap Rosan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kembali diperbolehkannya maskapai Indonesia terbang ke Eropa bukan merupakan capaian akhir tetapi sebagai titik awal.

Budi menuturkan, ke depan seluruh stake holder harus mulai mengambil langkah untuk lebih mempromosikan maskapai nasional dan menjaga tingkat keselamatan penerbangan Indonesia.

"Satu hal yang penting ini bukan akhir, tetapi awal. Kita harus improve, promosikan, dan jaga. Ini adalah awal untuk kompetisi dan kita harus memenangkan kompetisi itu," ujar Budi Karya di Komplek Menteri Widya Candra, Jakarta Selatan, Jumat (16/6/2018).

Adanya capaian ini pun diyakini Budi Karya akan meningkatkan kepercayaan diri Indonesia khususnya maskapai lokal karena kini penerbangan Indonesia sudah sejajar dengan penerbangan internasional lainnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas