Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Neraca Dagang Agustus Defisit 1,02 Miliar Dolar AS, Ini Tanggapan BI

Defisit neraca perdagangan pada Agustus dipicu oleh defisit di sektor minyak dan gas sebesar 1,66 miliar dolar AS

Penulis: Syahrizal Sidik
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Neraca Dagang Agustus Defisit 1,02 Miliar Dolar AS, Ini Tanggapan BI
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Aktivitas Truk Kontrainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, terlihat sepi dari biasanya, Senin (2/12/2013). Demi menekan defisit neraca perdagangan, pemerintah akan membatasi produk-produk impor. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Badan Pusat Statistik menyatakan neraca perdagangan Indonesia pada Agustus kembali mengalami defisit sebear 1,02 miliar dolar AS. Angka tersebut relatif rendah dari periode Juli sebesar 2,03 miliar dolar AS.

Defisit neraca perdagangan pada Agustus dipicu oleh defisit di sektor minyak dan gas sebesar 1,66 miliar dolar AS kendati sektor nonmigas surplus 0,64 miliar dolar AS.

Seperti diketahui, pada Agustus, nilai ekspor mencapai 15,82 miliar dolar AS atau menurun 2,90 persen dibanding ekspor Juli 2018. Sedangkan, nilai impornya turun 7,97 persen dari Juli lalu menjadi 16,84 miliar dolar AS.

Menanggapi hal itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, mengatakan kebijakan pemerintah untuk membatasi impor sudah mulai terlihat dampaknya.

Namun, menurutnya, kebijakan pembatasan impor tersebut punya jangka waktu panjang.

“Kebijakan kemarin ke impor sudah mulai terlihat dampaknya tentunya masih akan bertahap karena kita melihat kebijakan seperti itu punya periode menengah panjang,” kata Dody, Senin (17/9/2018) saat acara forum Merdeka Barat 9 di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta.

Baca: Indonesia Dorong Pembahasan Pembangunan Infrastruktur di Negara Berkembang

BERITA REKOMENDASI

Dody menambahkan, menurutnya yang terpenting sekarang adalah melihatnya dari sisi tekanan ke Rupiah terhadap neraca perdagangan lebih membaik, sebabnya, angka defisit neraca perdagangan Agustus lebih rendah dari bulan sebelumnya. “Kecuali estimasi pasar lebih rendah defisitnya,” imbuhnya.

Menurutnya, pemerintah juga terus berupaya untuk menggenjot ekspor lebih tinggi lagi, terutama di sektor manufaktur untuk memperbaiki defisit neraca perdagangan.

“Harusnya dngam dorongan rupiah yang sudah terdepresiasi bisa jadi faktor untuk kompetitif kita di sisi ekspor,” jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas