Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Menhub Klaim Integrasi Sistem Pembayaran Tol JORR Kurangi Biaya Logistik

Pengguna ruas tol Ulujami-Pondok Aren dari Bintaro Viaduct menuju Pondok Aren tetap membayar sebesar Rp 3.000 untuk golongan I.

Menhub Klaim Integrasi Sistem Pembayaran Tol JORR Kurangi Biaya Logistik
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Kendaraan melintasi pintu Tol Joglo, Jakarta Barat, Selasa (25/9/2018). Setelah mundur beberapa kali, pemerintah akhirnya memutuskan untuk memulai integrasi Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) pada 29 September mendatang. Penerapan ini didasarkan pada Keputusan Menteri PUPR Nomor 710/KPTS/M/2018 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri PUPR No. 382/KPTS/M/2018 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor, Tarif, dan Sistem Pengumpulan Tol Secara Integrasi pada Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Reporter Kontan, Umi Kulsum

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Integrasi sistem pembayaran jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) telah resmi diterapkan pada 29 September 2018 lalu. Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyebut, kebijakan ini akan mampu menurunkan beban logistik bagi pengguna jalan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, integrasi tol JORR mampu menurunkan beban logistik. Transaksi tol pasca integrasi menjadi sistem transaksi terbuka dimana pengguna tol hanya melakukan satu kali transaksi pada gerbang tol masuk (on-ramp payment).

"Oh pasti, mustinya iya akan menurunkan biaya logistik. Namun potensinya penurunannya belum dihitung," kata Budi kepada Kontan.co.id saat ditemui di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jumat (5/10/2018).

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Suryadi Sasmita sependapat hal tersebut bisa menekan beban biaya logistik. Namun, efeknya memang belum banyak terasa lantaran baru saja diterapkan.

"Dengan sistem integrasi ini tentu akan lebih hemat beban ongkosnya apalagi untuk perjalanan jauh," kata Suryadi kepada Kontan.co.id, Selasa (9/10/2018).

Namun dia menegaskan, potensi penurunan beban tidak bisa disamaratakan. Hal ini harus melihat dari sisi barang yang dibawa.

"Kalau berat kan tidak bisa masuk tol, jadi efeknya tidak terasa. Nah kalau bawa barangnya murah lalu muatannya sesuai dengan kapasitas tol ya tentu bisa menurunkan beban logistik," jelas Suryadi

Besaran tarif JORR jauh dekat Rp 15.000, sedangkan Bintaro Viaduct ke Pondok Aren tetap Rp 3.000.

Baca: Prostitusi Online Marak di Apartemen Center Point, Satpol PP Bekasi Data Penghuni dan Agen Properti

Dengan integrasi ini, penggunaan tol JORR sepanjang 76 km akan dikenakan satu tarif yakni Rp 15.000 untuk kendaraan golongan I, kendaraan golongan 2 dan 3 dikenakan tarif sama yakni Rp 22.500, serta golongan 4 dan 5 juga membayar besaran tarif yang sama yakni Rp 30.000.

Untuk kendaraan dari Simpang Susun Penjaringan yang menuju Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok, golongan I membayar sebesar Rp 34.000.

Sedangkan kendaraan golongan V sebesar Rp 94.500. Sehingga dengan pemberlakuan integrasi JORR, akan terdapat penurunan tarif tol yaitu tarif golongan I turun sebesar Rp 19.000, sedangkan golongan V turun sebesar Rp 64.500.

Namun pengguna ruas tol Ulujami-Pondok Aren dari Bintaro Viaduct menuju Pondok Aren tetap membayar sebesar Rp 3.000 untuk golongan I.

Sedangkan kendaraan arah sebaliknya dari Pondok Aren menuju Ulujami dan JORR akan membayar tarif Rp 15.000, dari sebelumnya sebesar Rp 12.500.

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas