Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Adaro Dukung Filantropi Indonesia Festival Percepat Capaian SDGs

Adaro Energy Tbk terlibat di ajang Filantropi Indonesia Festival (FiFest) 2018 untuk turut mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals

Penulis: Sanusi
zoom-in Adaro Dukung Filantropi Indonesia Festival Percepat Capaian SDGs
dok adaro
CSR Division Head PT Adaro Energy Tbk, Okty Damayanti, dalam diskusi paralel ‘Leaving No One Behind’ Filantropi Indonesia Festival (FIFest) 2018, di Jakarta Convention Center, Jumat (16/11/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Adaro Energy Tbk terlibat di ajang Filantropi Indonesia Festival (FiFest) 2018 untuk turut mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Untuk tahun ini, dukungan Adaro melalui Adaro Foundation mengusung pilar ‘Adaro Nyalakan Ilmu’ yakni program unggulan pendidikan yang menyasar pendidik dan para peserta didik di Indonesia, khususnya di Kalimantan.

“Kami bersyukur dapat terlibat dalam FiFest 2018, ajang yang menampilkan beragam cara dan metode baru dalam menyumbang dan menolong sesama. Dalam FiFest ini Adaro Energy melalui Adaro Foundation kembali membuktikan komitmen kami untuk terlibat aktif dalam aktivitas filantropi melalui program Adaro Nyalakan Perubahan,” tutur CSR Division Head PT Adaro Energy Tbk, Okty Damayanti, dalam diskusi paralel ‘Leaving No One Behind’ Filantropi Indonesia Festival (FIFest) 2018, di Jakarta Convention Center, Jumat (16/11/2018).

Okty menambahkan, melalui program Adaro Nyalakan Perubahan, Adaro Foundation berupaya sejalan dengan SDGs 2030, dimana salah satu prinsip utamanya yaitu ‘Leaving No One Behind’ atau ‘Tidak Meninggalkan Siapapun di Belakang’.

Setiap tujuan yang dipenuhi harus selalu memenuhi kebutuhan semua orang. Dalam program Adaro Nyalakan Perubahan, didalamnya ada lima pilar, salah satunya Adaro Nyalakan Ilmu.

Melalui Adaro Nyalakan Ilmu, Adaro Foundation fokus mengembangkan program yang dapat meningkatkan kualitas SDM masyarakat dengan memadukan pengetahuan, ketrampilan dan pengembangan karakter. Dengan demikian, kesempatan bekerja masyarakat akan meningkat.

“Untuk tahun ini, Adaro Nyalakan Ilmu fokus untuk masyarakat di Kalimantan, wilayah kerja Adaro. Kami ingin menurunkan dispasritas kualitas pendidikan antara Pulau Jawa dan Kalimantan. Keberadaan Adaro di Kalimantan selama ini turut mendongkrak Human Development Index (HDI) atau indeks pembangunan manusia di tiga kabupaten di Kalimantan Selatan dan Tengah setiap tahunnya. Dapat diartikan bahwa masyarakat di kedua wilayah kerja Adaro ini dapat meningkatkan produktivitas dan menurunkan tingkat kemiskinan,” tutur Okty.

BERITA TERKAIT

Siapkan 100.000 SDM Berpotensi

Okty menjelaskan Adaro menerapkan lima program unggulan Adaro Nyalakan Ilmu yang mencakup Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Vokasi (SMK dan Politeknik), Pelatihan Vokasi bagi Pesantren dan Para Santrinya, Pendidikan Berbasis Teknologi serta Beasiswa.

Melalui Adaro Nyalakan Ilmu, Adaro Foundation memberikan pelatihan kepada guru PAUD, termasuk PAUD adat Dayak Desa Liu, yang didirikan untuk masyarakat suku Dayak yang merupakan suku minoritas di Kabupaten Balangan.

Menggandeng Indonesia Heritage Foundation, program ini mempersiapkan 100.000 potensi sumber daya manusia usia produktif (15 – 64 tahun pada tahun 2028 dan seterusnya) yang berkarakter di Kalimantan melalui pembinaan 650 lembaga PAUD di Kalimantan Selatan, Tengah, dan Timur selama tahun 2018 – 2024.

Untuk Program Beasiswa, pada tahun 2018 ini Adaro memberikan kesempatan kepada 450 anak pedesaan Kalimantan yang berpotensi secara akademik namun tidak mampu secara ekonomi melanjutkan pendidikannya, untuk melanjutkan studi di Universitas Lambung Mangkurat di bawah beasiswa Adaro Bright Future Leader.

Di pendidikan vokasi, Adaro Foundation memberikan pelatihan manajemen sekolah kepada Kepala Sekolah dan pelatihan teknis kepada guru, serta revitalisasi 4 SMK dengan 6 jurusan di beberapa kabupaten. Selain itu, pelatihan vokasi juga diberikan kepada pesantren dan santrinya melalui program pemberdayaan UMKM sehingga mewujudkan santri yang berjiwa usaha dan hidup mandiri.

“Melalui keterlibatan kami pada acara besar seperti ini, kami berharap dapat terus berkontribusi secara lebih dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih unggul sebagai instrument penting dalam meningkatkan pembangunan nasional,” tutup Okty.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas