Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Rizal Ramli: Tidak ada Negara Dunia yang Berhasil Mengikuti Model Bank Dunia

Ekonom Rizal Ramli mengungkap, pinjam meminjam dalam bisnis adalah hal lumrah, untuk berkembang memang memerlukan, menoptimalkan leverage.

Rizal Ramli: Tidak ada Negara Dunia yang Berhasil Mengikuti Model Bank Dunia
ISTIMEWA
Ekonom Rizal Ramli 

TRIBUNNEWS.C0M, JAKARTA-Ekonom Rizal Ramli mengungkap, pinjam meminjam dalam bisnis adalah hal lumrah, untuk berkembang memang memerlukan, menoptimalkan leverage.

Baca: Cerita Rizal Ramli Selamatkan Uang Negara Saat Menjabat Menko Ekuin

Namun menurutnya, ia mengkritisi jika negara meminjam dari lembaga multilateral (IMF, Bank Dunia) banyak prasyarat (conditionlaties) yang merupakan jebakan-jebakan neoliberalisme.  "Belakangan ada juga pinjaman antar negara yang dirancang sebagai loan-to-owned, sengaja di-markup agar macet sehingga bisa dimiliki atau bisa dikuasai dalam jangka panjang," ungkap Rizal Rabu (2/1/2019).

"Yang paling baik, tentu meningkatkan pembiayaan dalam negeri, termasuk dengan menaikkan tax ratio. Hal itu dilakukan Jepang dan China, yang kebangkitan ekonominya dibiayai dari sumber pembiayaan dalam negeri. Mulai dari kebijakan terobosan, finance will follow," saran Rizal.

Dalam hal ini, Rizal meyakini tim ekonomi gagal, karena tax ratio mandeg pada 10,5% GDP. Pendapatan seolah-olah tercapai, karena asumsi yang dibuat sengaja rendah seperti harga minyak mentah dan hal lain.

Baca: Adu Argumen dengan Rizal Ramli, Mahfud MD: Yang Dipertaruhkan Hak-hak Generasi Penerus

Model permbangunan berlandaskan utang, neoliberalisme ala Bank Dunia, tidak akan pernah membuat Indonesia tumbuh tinggi seperti Jepang dan China (>10%).

"Karena jika tumbuh diatas 6,5%, pasti kepanasan, utang harus dikurangi. Utang menjadi rem otomatis (automaticbrake) untuk merem pertumbuhan Ekonomi jangan terlalu tinggi," ia memaparkan.

Jika Indonesia ingin tumbuh double-digit, sambung Rizal jadi negara kuat dan hebat, segera tinggalkan model pembangunan ekonomi neoliberal ala Bank Dunia.

Baca: Mahfud MD Ditanya Kenapa Rizal Ramli dan Sudirman Said Dipecat Jokowi, Begini Jawabannya

"Tidak ada negara di dunia yang berhasil di dunia yang mengikuti model Bank Dunia. Tidak di Latin Amerika, tidak di Asia dan apalagi Afrika," Rizal menegaskan kembali.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas