Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Presiden Bank Dunia Mendadak Mundur, Sri Mulyani Disebut-sebut Layak Jadi Pengganti

Ia menilai banyak kandidat dari luar Amerika Serikat untuk memimpin lembaga pemberi pinjaman, termasuk Menkeu RI Sri Mulyani.

Presiden Bank Dunia Mendadak Mundur, Sri Mulyani Disebut-sebut Layak Jadi Pengganti
Tribunnews/Syahrizal Sidik
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani disebut-sebut pantas menjadi presiden Bank Dunia menggantikan Jim Yong Kim yang mendadak mengundurkan diri baru-baru ini.

Pernyataan tersebut dilontarkan US Chairman The Official Monetary and Financial Institutions Forum (OMFIF) Mark Sobel dalam artikel di situs resmi OMFIF berjudul "Non-American should lead World Bank", Kamis (10/1/2019).

Mark Sobel mengatakan, sejak pembentukan International Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) pada perang dunia II, jabatan tertinggi di lembaga yang bermarkas di Washington DC, AS itu selalu didominasi oleh orang Amerika.

"Ini waktunya untuk perubahan," ucap Sobel seperti dikutip, Jumat (11/1/2019).

Sobel mengatakan, jika negara berkembang hendak berubah, perlu tindakan cepat untuk menentukan kandidat yang kuat, kredibel, dan dihormati secara global.

Ia menilai banyak kandidat dari luar Amerika Serikat untuk memimpin lembaga pemberi pinjaman, termasuk Menkeu RI Sri Mulyani.

"Banyak kandidat yang bagus. Di antaranya Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani (mantan direktur pengelola Bank Dunia) dan mantan Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iwela (mantan direktur pengelola Bank Dunia juga," sebut Sobel.

Baca: Polisi: Setahun, Omset Transaksi Seks Germo yang Ageni Artis Vanessa Angel Tembus Rp 2,8 Miliar

"Dalam pengalaman saya di dewan IMF, kemampuan anggota dewan untuk bekerja dengan baik dengan manajemen atau staf senior umumnya tidak ada hubungannya dengan kebangsaan orang tersebut - dan tentu saja bukan apakah orang itu orang Amerika," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim memutuskan untuk mengundurkan diri yang akan efektif pada akhir Januari 2019.

Melalui surat resmi yang dikirimkan ke Bank Dunia, warga AS kelahiran Korea Selatan itu menjelaskan dirinya akan bergabung dengan sebuah perusahan swasta yang fokus pada pengembangan infrastruktur di negara-negara berkembang.

Presiden AS Donald Trump dilaporkan masih memegang pengaruh kuat untuk menunjuk pengganti Kim, mengingat saham kendali dan suara mayoritas Bank Dunia masih dikuasi pemerintah negeri Paman Sam itu.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas