Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kenali Rating dan Perilaku Audience Menggunakan Aplikasi Inrate

Inrate memanfaatkan dukungan populasi 2,1 juta pelanggan UseeTV yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia dan bukan sampling

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kenali Rating dan Perilaku Audience Menggunakan Aplikasi Inrate
Istimewa
CEO Inrate, Hartana 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejauh ini pengiklan hanya mendapat sebatas bukti tayang sebagai laporan bahwa iklan mereka sudah tayang.

"Namun belum mendapat laporan mendetail tentang siapa saja yang menonton, dan sudah berapa kali ditonton," kata CEO Inrate, Hartana di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Padahal data-data komprehensif, kata dia yang menyangkut penayangan iklan di sebuah program televisi sangat diperlukan sebagai parameter tepat tidaknya strategi mereka dalam beriklan.

Dikatakannya, aplikasi Inrate adalah mampu memberikan data-data tersebut bagi stasiun televisi, pemasang iklan, dan Agency iklan.

Inrate memanfaatkan dukungan populasi 2,1 juta pelanggan UseeTV yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia dan bukan sampling.

"Posisi Inrate di market adalah sebagai komplemen dengan mandatory data kepemirsaan yang menyasar segmen ekonomi menengah ke atas," katanya.

Perhitungan rating dilakukan berbasis penonton UseeTV dengan profiling Helix Persona dan smart profile.

Baca: Kementan Bersih-bersih Pegawai yang Terbukti Korupsi

BERITA REKOMENDASI

Helix Persona inilah yang memungkinkan untuk dilakukannya pengklasifikasian populasi penonton Indonesia menjadi 42 Persona dan 6 Komunitas, sehingga pengambilan data kepemirsaan akan lebih akurat.

Untuk memperkuat, Helix Persona akan dipadu dengan Smart profiling pelanggan UseeTV yang dihasilkan dari Big Data Analyticsmilik PT. Telkom Indonesia.

Nantinya di dalam aplikasi web yang bisa diakses lewat inrate.id, informasi tentang iklan yang tayang di 15 saluran Free To Air Nasional secara lengkap dan mendetail akan disajikan, dari mulai template, super impose, credit title, plasma, dll.

Informasi tentang Rating, Share,Jumlah Audience Channel TV dan Program Acara TV secara harian, mingguan maupun bulanan berdasarkan jumlah general audience atau sesuai profile audience tertentu bisa didapat sesuai keperluan.

Membuat Profile Demografi Audience sesuai kebutuhan yang dapat digunakan untuk mencari Rating, Share dan Jumlah Audience pada Channel TV atau Program Acara TV yang diinginkan juga mungkin dilakukan.

"Hal ini berguna bagi pengiklan atau agency untuk mencari data Rating, Share, dan jumlah pemirsa pada saluran TV atau Program TV yang ingin dibidik untuk pemasangan iklan berikutnya," kata Hartaya.

Inrate mempunya informasi Program Acara TV yang memiliki TV Rating, Sharing, serta Jumlah Audience tertinggi pada slot waktu tertentu, dan berdasarkan profil tertentu yang dipilih (Program Comparison).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas