Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Di Pasar PSPT Tebet, Dirjen Aptika Ajak Pelaku UMKM Bertransaksi Secara Online

Grebeg pasar merupakan kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk membantu meng-onboarding-kan pelaku UMKM

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Di Pasar PSPT Tebet, Dirjen Aptika Ajak Pelaku UMKM Bertransaksi Secara Online
Reynas Abdila
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, meresmikan peluncuran Gerakan UMKM Go Online 2019 atau Grebeg Pasar di Pasar PTSP Tebet Timur, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Hal ini bagian dari program pemerataan akses pasar melalui digital untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

“Grebeg pasar merupakan kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk membantu meng-onboarding-kan pelaku UMKM, mendampingi pedagang agar mahir dalam melakukan transaksi secara online,” kata Samuel.




“Kalau dulu masyarakat harus datang ke kantor pemerintah kini sebaliknya, pemerintah yang datang ke tengah-tengah masyarakat untuk melayani keperluan masyarakat,” sambungnya.

Pemerintah bersama kementerian/lembaga dan marketplace membantu pedagang membuka toko baru melalui internet dengan cara mendaftar ke marketplace.

Pada kuartal I-2018 ini Gerakan UMKM Go Online berupa greber pasar akan dilangsungkan di 20 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang masing-masing kota digelar di enam titik pasar rakyat.

“Gerakan UMKM Go Online merupakan salah satu upaya untuk mengangkat UMKM dengan memanfaatkan teknologi internet,” ujarnya.

Baca: Prediksi Timnas U-22 Indonesia Vs Thailand Final Piala AFF U-22, Live Streaming RCTI Pukul 18.30 WIB

BERITA TERKAIT

Gerakan UMKM Go Online 2019 merupakan kelanjutan dari program serupa pada tahun 2018 lalu.

Kemenkominfo menggandeng beberapa pihak untuk menjalankan GerakanUMKM Go Online 2019 mulai dari Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Keuangan, Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo), pihak perbankan, hingga marketplaceseperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Bibli, Lazada, Blanja.com, Go-Food, dan sebagainya.

Selain itu, Kemenkominfo menggandeng para pelaku pembayaran digital, seperti OVO, Go-Pay, LinkAja, DANA,T-money, hingga Visionet.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas