Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

UMKM Binaan Pertamina Rambah Transaksi Digital

Cara bayarnya dengan scan QR Code melalui aplikasi LinkAja, teknologi pembayaran digital yang dikembangkan dalam program sinergi BUMN.

UMKM Binaan Pertamina Rambah Transaksi Digital
IST
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan Pertamina dan anak usahanya, turut menyemarakkan rangkaian peringatan HUT BUMN ke-21 di Gelanggang Olahraga (GOR) Delta Sidoarjo, Surabaya Jawa Timur, Minggu (7/4/2019).

UMKM mitra binaan Pertamina MOR V Jatimbalinus, Pertamina EP Cepu, Pertamina Gas (Pertagas) dan Pertamina Hulu Energi (PHE) ini menyediakan 3.800 porsi aneka makanan dengan beragam kreativitasnya.

Cara bayarnya dengan scan QR Code melalui aplikasi LinkAja, teknologi pembayaran digital yang dikembangkan dalam program sinergi BUMN.

Direktur SDM Pertamina Koeshartanto mengatakan, UMKM binaan Pertamina kini telah melayani transaksi non tunai melalui aplikasi LinkAja yang terkoneksi dengan My Pertamina, T-Cash, Bank Himbara, Pegadaian dan QR Code.

"Pertamina turut memberikan kontribusi dengan melakukan integrasi berbagai jenis transaksi produk lewat LinkAja. Melalui platform ini semua bersifat cashless dan efisien. Karena itu menggunakan LinkAja juga turut mensukseskan program Pertamina dan wujud sinergi BUMN," ujar Koeshartanto.

Baca: Prabowo Sindir Klaim Pemerintahan Jokowi, Kemiskinan Sudah Turun, Turun dari Kakek ke Cucu. . .

Salah satu mitra binaan Pertamina adalah Zigi Food dan Firdaus Catering yang telah mendapat pembinaan berkelanjutan melalui program kewirausahaan tata boga PT Pertamina EP Cepu tahun 2018.

Zigi Food yang beroperasi di Desa Talok, Bojonegoro, menyediakan inovasi panganan Unthuk Yuyu atau Pertolo, sajian khas Bojonegoro berbahan dasar tepung.

Baca: Mendaki Gunung Arjuno Lalu Hilang Jejaknya Selama 6 Bulan, Faiqus Ditemukan Tinggal Tulang-Belulang

Panganan ini merupakan salah satu menu populer yang kerap ditemui dalam hajatan di Kabupaten Bojonegoro. Pangan tradisional ini dapat dinikmati oleh ribuan pengunjung dengan sekali klik.

Hanya dengan melakukan scan QR Code, pengunjung dapat menggunakan saldo di aplikasi LinkAja dan menjelajah kuliner di sejumlah booth mitra binaan Pertamina.

Menurut Aziz, usahanya berkembang setelah dibina oleh PT Pertamina EP Cepu melalui berbagai pembekalan berupa alat produksi, sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), serta pembinaan yang mendalam terkait tata boga yang mencakup ilmu kuliner, manajemen pelayanan hotel, restoran, hingga produksi appetizer, maincourse dan dessert untuk mendukung kelancaran usaha mitra-mitra binaannya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas