Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kepercayaan Kunci Penting Kesuksessan Sebuah Bisnis

Dalam dunia bisnis, kepercayaan adalah satu hal yang sangat mahal harganya. Tanpa kepercayaan, belun tentu bisnis yang dijalankan akan berjalan dengan

zoom-in Kepercayaan Kunci Penting Kesuksessan Sebuah Bisnis
Istimewa
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat 

TRIBUNNEWS.COM – Dalam dunia bisnis, kepercayaan adalah satu hal yang sangat mahal harganya. Tanpa kepercayaan, belun tentu bisnis yang dijalankan akan berjalan dengan baik, apalagi berkembang.

Makanya, membangun kepercayaan menjadi hal yang amat krusial dalam bisnis. Dengan membangun kepercayaan yang baik, maka banyak hal akan berjalan dengan baik dan menjadi lebih mudah.

Sebaliknya, jika rasa percaya itu tidak ada, maka perlahan tapi pasti, kesulitan akan menghambat bisnis.

Namun, kepercayaan tidak bisa dibangun dalam waktu semalam saja. Butuh waktu dan usaha dari pelaku bisnis untuk membuktikan bahwa bisnis mereka patur dipercaya masyarakat.

Hal serupa diungkapkan oleh Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Irwan Hidayat. Ia menjelaskan bahwa sejak 23 Desember 2018, perusahaannya telah berkomitmen menjaga kepercayaan konsumen. Kepercayaan inilah yang membuat Sido Muncul tetap eksis.

"Sejak awal kami melakukan sesuatu dengan transparan dan jujur. Kesulitan dalam menumbuhkan kepercayaan pada publik seperti adanya hoaks dari media sosial. Untuk mendapatkan kepercayaan pun butuh waktu," ujarnya usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Agrowisata Sido Muncul, Selasa (9/4/2019) siang.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Sido Muncul
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Sido Muncul (Istimewa)

Irwan mengaku kendala dalam menumbuhkan kepercayaan ialah persoalan waktu. Waktu yang dapat membuktikan apakah sesuatu bisa terbukti memiliki kualitas yang disampaikan atau pun sebaliknya.

BERITA REKOMENDASI

Namun pihaknya merasa selama lima tahun Sido Muncul go public, mereka menjaga kepercayaan publik dengan tidak melakukan hal yang tidak baik maupun tidak jujur.

Berbicara tentang kepercayaan, Irwan mengatakan kepercayaan merupakan poin nomor satu. Menurutnya, tanpa kepercayaan, tentu tidak ada orang yang membeli produk dan tidak ada orang yang akan berinvestasi ke Sido Muncul.

Sementara itu, dua Direktur Independen PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Gerry Mustika dan Leonard mengatakan perusahaan telah konsisten membangun trust atau kepercayaan pada masyarakat.

 Menurut mereka Sido Muncul telah membangun kepercayaan, sejak beberapa tahun lalu, bahkan sejak perusahaan didirikan, kemudian berlanjut kala perusahaan go public hingga saat ini secara konsisten.

"Itulah yang saya kira perlu tetap kita jaga ke depannya agar perusahaan ini tetap sustainable ke depan. Trust ini baik untuk konsumen, pemegang saham, pemerintah, dan semua stakeholders yang ada. Saya kira itu merupakan core value yang sangat perlu kita jaga kesinambungannya ke depan," terang Gerry.

Gerry menambahkan, sebagai direktur independen yang baru join tanggal 2 Juli 2018, ia melihat apa yang membedakan Sido Muncul adalah berani untuk menginvestasikan dananya untuk menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat.

Terbukti dari penghargaan yang diterima Sido Muncul, seperti Proper Hijau. Menurut Gerry, untuk mendapatkan Proper Hijau membutuhkan dana yang tidak sedikit, namun Sido Muncul berani melakukannya.

Penulis: Dessita Chairani

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas