Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Jelang Bulan Puasa, Ekonom BCA perkirakan inflasi April sebesar 0,1%

Meski terjadi kenaikan harga, David pun mengatakan kenaikan harga tersebut masih diimbangi oleh panen raya yang terjadi di April hingga awal Mei.

Jelang Bulan Puasa, Ekonom BCA perkirakan inflasi April sebesar 0,1%
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Aceng Fikri (19), pedagang sayur melayani pembeli yang berbelanja cabai rawit domba di Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (3/7/2018). Memasuki pekan ketiga pascalebaran, harga cabai rawit domba di pasaran masih tinggi berkisar di harga Rp 58.000 - Rp 60.000 per kilogram. Tingginya harga tersebut dipengaruhi oleh pasokan yang masih minim. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia memperkirakan tingkat inflasi April akan sebesar 0,25% month to month dan sebesar 2,64% secara tahunan. Perkiraan inflasi ini berdasarkan survei pemantauan harga di minggu kedua April.

Berbeda dengan BI, Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual justru memperkirakan tingkat inflasi di April akan berkisar 0,1%. Menurut David, kenaikan inflasi ini disebabkan kenaikan bahan makanan dan makanan jadi sebagai persiapan puasa dan lebaran.

"Inflasi sampai bulan puasa memang trennya naik. Karena itu harus waspada. Sebelumnya terjadi deflasi di Februari, tetapi kecil. Jadi bisa naik terus," ujar David, Jumat (12/4).

Baca: Bulan Maret 2019, Inflasi di DKI Jakarta Turun

Meski terjadi kenaikan harga, David pun mengatakan kenaikan harga tersebut masih diimbangi oleh panen raya yang terjadi di April hingga awal Mei.

Sementara, David pun memperkirakan pengaruh harga tiket angkutan udara (pesawat) tidak akan menyumbang inflasi yang besar di April.

"Saya lihat tiket pesawat tidak akan naik lagi, jadi pengaruhnya tidak signifikan ke inflasi. Kalau harga tiket bisa diturunkan, ini bisa mendorong penurunan," tutur David.

Lebih lanjut David memperkirakan, tingkat inflasi sepanjang 2019 akan berkisar 3,4%.

Berita ini sudah tayang di kontan berjudul Bulan puasa makin dekat, ekonom BCA perkirakan inflasi April sebesar 0,1%

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas