Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

BI Luncurkan QR Indonesia Standar untuk transformasikan Sistem Pembayaran ke Digital

"Tidak ada jalan lain kecuali terus beradaptasi,' ujar Perry Warjiyo di acara peluncuran QRIS di gedung BI

BI Luncurkan QR Indonesia Standar untuk transformasikan Sistem Pembayaran ke Digital
Dokumentasi Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai langkah awal transformasi digital di Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) Bank Indonesia (BI) meluncurkan QR Code Indonesia Standard (QRIS), Senin (27/5/2019).

Rencananya QRIS ini untuk Merchant Presented Mode (MPM) dan akan mulai diimplementasikan pada semester II-2019.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan peluncuran QRIS sejalan dengan transformasi digital dan ekonomi yang semakin cepat dan semakin luas berdampak pada kehidupan sehari-hari.

"Tidak ada jalan lain kecuali terus beradaptasi,' ujar Perry Warjiyo di acara peluncuran QRIS di gedung BI, Senin (27/5/2019). 

Baca: PT KAI Luncurkan Kereta Sleeper Luxury 2, Harga Tiket Promonya Rp 750 Ribu

Selain itu, Perry juga memaparkan visi SPI 2025 untuk memastikan arus digitalisasi berkembang dalam ekosistem ekonomi dan keuangan digital yang kondusif. Visi tersebut merupakan respon atas perkembangan digitalisasi yang mengubah lanskap risiko secara signifikan. 

Baca: Siang Ini Bus Transjawa dari 7 Operator Akan Jalani Perjalanan Perdana di Trayek Jakarta-Surabaya

Antara lain meningkatnya ancaman siber, persaingan monopolistik dan shadow banking. Ancaman tersebut dapat mengurangi efektivitas pengendalian moneter, stabilitas sistem keuangan dan kelancaran sistem pembayaran.

Visi tersebut antara lain mendukung intefrasi ekonomi-keuangan digital nasional, mendukung digitalisasi perbankan sebagai lembaga utama dalam ekonomi keuangan digital melalui open-banking maupun pemanfaatan teknologi digital dan data dalam bisnis keuangan, serta menjamin interlink antara fintech dan perbankan.

Selain itu, BI juga memaparkan visi untuk menjamin keseimbangan antara inovasi dengan proteksi konsumen, integritas dan stabilitas serta persaingan usaha yang sehat. Visi terakhir adalah menjamin kepentingan nasional dalam ekonomi-keuangan digital antar negara.

 
Reporter: Elisabeth Adventa

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul BI luncurkan QR Indonesia Standar sebagai transformasi digital sistem pembayaran 

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas