Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Harga Minyak Mentah West Texas Juga Sentuh Level Tertinggi dalam Minggu Ini

Harga minyak acuan Amerika Serikat (AS) ini menguat 1,38% dari posisi kemarin pada US$ 53,76 per barel.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Harga Minyak Mentah West Texas Juga Sentuh Level Tertinggi dalam Minggu Ini
Finance and Markets
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga minyak menguat ke level tertinggi dalam tiga pekan terakhir. Kamis (20/6) pukul 7.26 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2019 di New York Mercantile Exchange berada di US$ 54,50 per barel. 

Harga minyak acuan Amerika Serikat (AS) ini menguat 1,38% dari posisi kemarin pada US$ 53,76 per barel. Harga mencapai level tertinggi dalam tiga pekan sejak 31 Mei 2019.

Sementara harga minyak brent untuk pengiriman Agustus 2019 di ICE Futures hari ini menguat 1,24% ke US$ 62,59 per barel dari harga kemarin pada US$ 61,82 per barel. Harga minyak acuan internasional ini mencapai level tertinggi sejak 10 Juni 2019 atau kurang dari dua pekan terakhir. 




Lonjakan harga minyak hari ini terjadi karena penurunan stok minyak AS yang lebih besar daripada prediksi. Setelah melonjak ke stok tertinggi sejak Juli 2017 pada dua pekan lalu, persediaan minyak komersial AS berkurang 3,1 juta barel pada pekan lalu. 

Baca: Gunung Rinjani Kembali Dibuka untuk Pendaki, Kini Kuota Dibatasi

Data yang dirilis Energy Information Administration (EIA) ini lebih besar daripada prediksi analis yang meramalkan penurunan hanya 1,1 juta barel. "Secara umum, laporan EIA positif," kata Phil Flynn, analis Price Futures Group kepada Reuters.

Baca: Harga Emas Naik Tajam, Jadi Level Tertinggi dalam 14 Bulan Ini

Dari Timur Tengah, tensi pasar minyak pun masih panas akibat serangan tanker pekan lalu. Kekhawatiran konfrontasi antara AS dan Iran mencuat setelah muncul laporan bahwa AS menyalahkan Iran atas serangan ini.

 
Reporter: Wahyu Tri Rahmawati

BERITA TERKAIT

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Harga minyak WTI mencapai level tertinggi dalam tiga pekan 

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas