Tribun Bisnis

Militer Iran Tembak Jatuh Drone AS, Harga Minyak Langsung Melompat Tinggi

Donald Trump hari Kamis (20/6) mengatakan, Iran telah membuat kesalahan sangat besar dengan menembak jatuh pesawat tanpa awak milik militer AS

Editor: Choirul Arifin
Militer Iran Tembak Jatuh Drone AS, Harga Minyak Langsung Melompat Tinggi
buzzsouthafrica
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Harga minyak dunia  merangkak naik di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan Timur Tengah.

Mengutip Bloomberg, Jumat (21/6) pukul 7.43 WIB, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus 2019 naik ke US$ 57,39 per barel atau 0,56% dari sesi perdagangan sebelumnya.

Minyak patokan AS ini naik 5,4% pada hari Kamis (20/6/2019) dan berada di jalur untuk kenaikan hampir 10% pekan ini.

Sementara itu, minyak Brent untuk pengiriman Agustus 2019 naik 0,57% ke US$ 64,82 per barel. Minyak patokan global ini naik 4,3% kemarin dan menuju kenaikan mingguan lebih dari 4% setelah empat pekan penurunan.

Harga minyak memanas dengan tambahan dorongan dari berita bahwa Iran menembak jatuh drone militer AS. Situasi ini meningkatkan kekhawatiran konfrontasi militer antara Teheran dan Washington.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Kamis, (20/6/2019) mengatakan, Iran telah membuat kesalahan yang sangat besar dengan menembak jatuh pesawat tanpa awak milik militer AS.

Pasalnya, pesawat itu terbang di ruang udara internasional. Sementara, Iran mengklaim pesawat itu dalam misi mata-mata atas wilayahnya.

Mengutip Reuters, AS menyebut serangan Iran terhadap pesawat nirawaknya sebagai serangan yang tak beralasan. Saat ini, AS juga tengah berkampanye untuk mengisolasi Iran karena dituding mengembangkan rudal balistik berkekuatan nuklir.

Yudho Winarto/Sumber: Reuters

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas