Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Evaluasi Program Diskon 50 Persen Tiket Pesawat: Citilink Sudah Terapkan, Lion Air Belum

Diskon 50 persen dari tarif batas atas (TBA) LCC diterapkan untuk penerbangan dengan jadwal keberangkatan setiap Selasa, Kamis dan Sabtu

Evaluasi Program Diskon 50 Persen Tiket Pesawat: Citilink Sudah Terapkan, Lion Air Belum
TRIBUNNEWS/RIA ANASTASIA
Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono di acara konferensi pers di kantornya, Jumat (12/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyampaikan hasil evaluasi kebijakan penurunan harga tiket penerbangan berbiaya hemat (low cost carrier/LCC) tertentu yang diberlakukan sejak Kamis, (11/7/2019) kemarin.

Diskon 50 persen dari tarif batas atas (TBA) LCC diterapkan untuk penerbangan dengan jadwal keberangkatan setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00 waktu setempat.

Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono mengatakan, pemberlakuan diskon 50 persen itu sudah dilakukan maskapai Citilink Indonesia. Sementara Lion Air belum menjual tiket pesawat yang didiskon 50 persen karena masih melakukan penyesuaian sistem reservasi.

"Dari dua maskapai Citilink dan Lion Air, begitu diumumkan tanggal 11 kan mulai, ternyata baru Citilink lakukan penyesuaian. Lion air masih perlu waktu update sistemnya untuk adjusment," kata Susiwijono di kantornya, Jumat (12/7/2019).

Pada hari pertama sejak diterapkan, Citilink baru menyediakan tiket pesawat diskon untuk 34 penerbangan dari 62 penerbangan yang dijanjikan. Hal itu disebabkan sebagian tiket penerbangan sepenuhnya sudah dipesan atau booked dari jauh-jauh hari sebelumnya. 

Baca: Renault Kenalkan Triber, MPV 7-Seater Bermesin 1.000 CC untuk Pasar Indonesia

"Pola reservasi tiket di LCC itu mereka ada gap waktu antara date of issued dan date of travelling. Sehingga memang banyak flight sudah penuh kemarin hanya tersisa 34 flight. Dari situ yang dapat diskon sebanyak 411 kursi," papar Susiwono yang baru saja bertemu langsung dengan Direktur Utama Julianda Nurtjahjo di kantornya.

Sementara untuk Lion Air, dia menerangkan maskapai berlogo singa merah itu meminta waktu untuk penyesuaian sistem reservasi hingga Kamis (18/7/2019) mendatang. 

Baca: Test Drive All New Mazda 3: Lincah Bermanuver, Memancing Penasaran Banyak Pengguna Jalan

"Mereka bilang akan upayakan secepatnya, mereka janji hari Kamis depan (18/7) akan akomodasi kebijakan ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah bersama para stakeholder industri penerbangan sepakat untuk menurunkan harga tiket penerbangan maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) untuk rute domestik di jadwal-jadwal tertentu.

Usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Perekonomian, Senin (8/7/2019), diputuskan ada penurunan harga tiket pesawat Lion Air dan Citilink sebanyak 50 persen dari tarif batas atas (TBA) LCC.

Diskon 50 persen itu berlaku untuk 11.626 kursi dari 62 rute penerbangan Citilink Indonesia dan 146 rute penerbangan Lion Air. Keputusan ini diterapkan mulai 11 Juli 2019.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas