Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Jangan Sampai Kehabisan, Begini Skema Penjualan Tiket Harga Diskon 50 Persen dari Citilink

Untuk penjualan tiket pesawat dengan diskon 50 persen, Citilink menerapkan skema sub-classes.

Jangan Sampai Kehabisan, Begini Skema Penjualan Tiket Harga Diskon 50 Persen dari Citilink
Tribun Jogja/Hasan Sakri Gozali
Pesawat Citilink di apron Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maskapai berbiaya hemat (low cost carrier/LCC) Citilink Indonesia menyediakan diskon 50 persen untuk harga tiket pada 62 rute penerbangan domestik setiap Selasa, Kamis, Sabtu pukul 10.00-14.00 waktu setempat.

Kebijakan ini diambil mengacu pada kesepakatan yang dibuat maskapai ini dengan pemerintah, pengelola bandara, penyedia jasa navigasi, hingga penjual avtur yang diberlakukan sejak Kamis (11/7/2019) kemarin.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menjelaskan, pada hari pertama sejak diterapkan, Citilink baru menyediakan tiket pesawat diskon untuk 34 penerbangan dari 62 penerbangan yang dijanjikan.

Hal ini karena sebagian tiket penerbangan sepenuhnya sudah dipesan atau booked dari jauh-jauh hari sebelumnya.

"Pola reservasi tiket di LCC itu mereka ada gap waktu antara date of issued dan date of travelling. Sehingga memang banyak flight sudah penuh kemarin hanya tersisa 34 flight. Dari situ yang dapat diskon sebanyak 411 kursi," papar Susiwijono. 

Baca: Renault Kenalkan Triber, MPV 7-Seater Bermesin 1.000 CC untuk Pasar Indonesia

Untuk penjualan tiket pesawat dengan diskon 50 persen, Citilink menerapkan skema sub-classes. Ada dua kategori tiket pesawat yang dijual, yakni harga diskon 50 persen dan harga normal.

Untuk harga jual tiket pesawat yang didiskon, anak perusahaan Garuda Indonesia itu menggunakan prinsip "first come, first served." Dengan begitu, penumpang yang melakukan pemesanan tiket lebih awal akan mendapatkan diskon. 

Baca: Agustus, Berkas Kasus Suap Pengadaan Pesawat Garuda Akan Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

"Jadi dulu-duluan kuota kursi yang didiskon itu 30 persen dari setiap penerbangan. Pihak Citilink beri kode khusus buat 'BCLN' nanti di tiketnya kalau ada itu berarti didiskon 50 persen," jelas Susiwijono.

Demi menghindari penyalahgunaan diskon tiket pesawat ini, Citilink mengenakan biaya bagi penumpang yang merevisi data penumpang.

"Takutnya ada yang memblok tiket banyak kan. Klau ubah nama, dan data lainnya dikenakan biaya lebih mahal. Itu teknisnya. Intinya unfuk aamankan 30 persen ini tidak disalahgunakan mereka punya condition sendiri," pungkasnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas