Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pertamina Tambah Pasokan Avtur Setelah Kualanamu Jadi Rute Transit Haji

Permintaan avtur diperkirakan meningkat 211 persen dibandingkan realisasi pada tahun 2018 sebanyak lebih dari 3 juta liter avtur.

Pertamina Tambah Pasokan Avtur Setelah Kualanamu Jadi Rute Transit Haji
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Petugas melakukan pemeriksaan saluran pipa Avtur di DPPU Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Selasa (1/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertamina telah menyiapkan lebih dari  10 juta liter avtur untuk melayani kelompok terbang (kloter) haji di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara.

Permintaan avtur diperkirakan meningkat 211 persen dibandingkan realisasi pada tahun 2018 sebanyak lebih dari 3 juta liter avtur.

“Pertamina siap memenuhi peningkatan kebutuhan avtur selama musim haji, berapapun kebutuhannya akan dipenuhi. Peningkatan signifikan di Sumatera Utara terjadi dikarenakan adanya rute transit haji dari Banjarmasin dan Solo melalui Bandara Kualanamu,” tutur Roby Hervindo, Unit Manager Communication & CSR MOR I, Jumat (12/7/2019).

Penerbangan haji melalui Bandara Kualanamu, lanjut Roby, terbagi menjadi 2 fase. 

Fase pertama keberangkatan berlangsung pada 7 Juli sampai 3 Agustus 2019. Pada fase ini disiapkan sebanyak lebih dari 3,5 juta liter avtur. Angka ini meningkat 120 persen dibandingkan dengan fase serupa tahun sebelumnya sebanyak 1,6 juta liter. 

Baca: Renault Kenalkan Triber, MPV 7-Seater Bermesin 1.000 CC untuk Pasar Indonesia

Sedangkan fase kedua, yaitu kepulangan, diperkirakan terjadi pada 17 Agustus sampai dengan 13 September 2019. Untuk fase ini, disiapkan sebanyak hampir 6,5 juta liter avtur. Jumlah ini meningkat 302 persen dibandingkan fase kepulangan tahun 2018 sebanyak 1,6 juta liter avtur.

Keberangkatan rombongan jemaah calon haji dari Sumut terbagi menjadi 2 embarkasi, yaitu embarkasi Kualanamu sebanyak 22 kloter dan embarkasi Banjarmasin sebanyak 17 kloter.  

Baca: Agustus, Berkas Kasus Suap Pengadaan Pesawat Garuda Akan Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

Sementara untuk kepulangan terdapat total 100 kloter. Terdiri dari embarkasi Solo 70 kloter dan embarkasi Cengkareng 30 kloter. Total embarkasi haji dari Sumut mencapai 139 kloter.

"Stok avtur yang tersedia di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Kualanamu dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan musim haji 2019. Stok Avtur di DPPU Kualanamu mampu memenuhi kebutuhan hingga 57 hari ke depan," ujar Roby. DPPU Kualanamu dilengkapi tiga unit refueller dengan kapasitas 90 ribu liter serta dilengkapi delapan Hydrant Dispenser.

Hingga kini, Pertamina melayani maskapai Garuda Indonesia yang berangkat dari Kualanamu menuju Madinah, Arab Saudi. Pada keberangkatan haji 9 Juli, disalurkan 61 ribu liter avtur.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas