Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Waduh, 1 Persen Netizen Mengaku Gaji Pertama Mereka Cuma Rp 1-3 Juta

“Dari hasil data ini kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata gaji 8 juta untuk ukuran fresh graduate itu tergolong wow sekali,” jelas Rendy Ezra

Waduh, 1 Persen Netizen Mengaku Gaji Pertama Mereka Cuma Rp 1-3 Juta
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI - Sejumlah calon pencari kerja antre mengisi data pribadi di komputer saat memasukkan lamaran kerja di salah satu perusahaan perbankan dalam Job Fair 2014 di Gymnasium UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Rabu (15/10/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Insentia, perusahaan analisa dan monitoring media berbasis di Australia mengeluarkan analisa terbaru seputar perbincangan mengenai gaji fresh graduate.

Beberapa waktu yang lalu, di media sosial, viral postingan mengenai lulusan baru suatu universitas negeri ternama Indonesia yang menolak tawaran gaji sebesar Rp 8 juta. Unggahan ini tentunya memancing beragam reaksi dari netizen.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kontan, Jumat (2/8), Insentia menangkap total 8.871 perbincangan media sosial terkait viral unggahan ini.

Kebanyakan dari netizen, yakni sebesar 76,2% dari seluruh perbincangan, menanggapi dengan berlomba menyebutkan angka gaji pertama mereka.

Sebagian dari netizen, terhitung 11,6%, setuju bahwa lulusan universitas bergengsi tersebut bisa mendapatkan gaji yang lebih dari Rp 8 juta, sementara sisanya (12,2%) mengutarakan ketidak-sukaan karena dianggap terlalu sombong dan angkuh.

Baca: Ini Profil Lengkap Sripeni Inten Cahyani, Plt Dirut PLN yang Baru

Berkaitan dengan topik gaji pertama yang mendominasi percakapan netizen, Isentia menganalisa data social listening mendapati temuan bahwa sebagian besar netizen (52,1%) ternyata mendapatkan gaji pertama mereka di rentang Rp 1-3 juta, 44,5% mendapat di bawah Rp 1 juta, 2,7% mendapat Rp 3-5 juta, sementara hanya 0,7% dari netizen yang mendapatkan gaji pertama lebih dari Rp 5 juta.

“Dari hasil data ini kita bisa menyimpulkan bahwa ternyata gaji 8 juta untuk ukuran fresh graduate itu tergolong wow sekali,” jelas Rendy Ezra, Insights Manager Isentia dalam keterangan resmi.

 
Reporter: Andy Dwijayanto 
Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Insentia: 52,1% netizen menerima gaji pertama di rentang Rp 1-3 juta

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas