Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tinggi Kebutuhan Hunian Berkulitas di Selatan Jakarta, Ini yang Dilakukan Pengembang

Tingginya kebutuhan hunian di ketiga wilayah tersebut dipicu ketersediaan lahan pengembangan yang semakin langka.

Tinggi Kebutuhan Hunian Berkulitas di Selatan Jakarta, Ini yang Dilakukan Pengembang
Istimewa
Ilustrasi rumah hunian 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kebutuhan hunian berkualitas dengan harga terjangkau bagi masyarakat di wilayah selatan Jakarta, seperti Cibinong, Cinere, dan Depok terbilang masih cukup tinggi. Selain itu, banyak di antara pengguna commuter line yang beraktivitas di Ibukota Jakarta yang mengincar ketiga wilayah tersebut sebagai lokasi hunian favorit.

Head of Research and Consultancy Saville Indonesia Anton Sitorus menyebut tingginya kebutuhan hunian di ketiga wilayah tersebut dipicu ketersediaan lahan pengembangan yang semakin langka.

“Kalaupun ada, pasti harga jualnya selangit, sehingga sulit dijangkau oleh masyarakat menengah. Saat rata-rata harga hunian di Jakarta, berkisar antara Rp500 – 700 jutaan. Itupun vertikal, bukan rumah tapak,” ujarnya di Jakarta, dalam keterangannya akhir pekan lalu.

Karena itu, lanjut dia, masyarakat khususnya pekerja lebih memilih wilayah penyangga Jakarta sebagai lokasi hunian yang ideal. Selain harganya masih relatif terjangkau, ketersediaan sarana transportasi umum juga sangat memadai.

Baca: Rayakan Ulang Tahun, Gregoria Mariska Dapat Ucapan Romantis dari Mikha Angelo

Baca: Hotman Paris Ogah Jadi Produser & Sutradara, Segini Penghasilan yang Didapat dari Channel YouTubenya

Baca: Jefri Nichol Direhabilitasi atau Tidak? Polisi Bakal Umumkan Hasil Assessment BNN Siang Ini

“Setiap hari ulang-alik Jakarta – Bogor, bukanlah sebuah persoalan. Terpenting bagi mereka adalah bisa mendapatkan hunian nyaman dengan harga terjangkau,” ujar Anton Sitorus.

Hal itu dibenarkan oleh Direktur Utama PT Emerald Land Development Dodi Pramono. Menurutnya, pengalaman membuktikan bahwa pembeli unit-unit hunian pada proyek-proyek besutan Emerald Land sebelumya, mayoritas berasal dari wilayah selatan Jakarta.

“Daya serap mereka terhadap unit-unit hunian kelas menengah dengan kisaran harga tersebut (Rp700 – 1,5 miliar) terbilang masih cukup tinggi,” katanya.

Karena itu, menyusul kesuksesan sebelumnya maka Emerald Land Development kembali merilis proyek hunian yang diberi nama “Emerald City” di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabuaten Bogor, Jawa Barat, dengan segmentasi pasar kelas menengah atas sebagai bidikan utamanya.

Kawasan perumahan di atas area seluas 11 hektare tersebut mengusung tema “Japanese Style” (hunian bernuansa Negara Jepang), yang sarat dengan kombinasi keindahan tiga unsur alam, yaitu batu, air, dan tanaman.

“Di Indonesia, dewasa ini hunian bergaya desain arsitektur Jepang kian digandrungi masyarakat terutama kaum muda (generasi milenial). Karenanya, Emerald City kami kembangkan dengan konsep Japanese Style. Konsep kawasan hunian ini merupakan yang pertama di wilayah Cibinong, Bogor,” ungkapnya.

Menariknya, Emerald City memiliki fasilitas Japanese Zen Garden (taman bernuansa Jepang) seluas 5000 meter persegi yang berada di tengah-tengah kawasan. Japanese Zen Garden ini merupakan central park dari kawasan hunian emerald city yang akan di perindah dengan jembatan dan kolam koi.

Area Japanese Zen Garden ini memungkinkan penghuni melakukan berbagai interaksi sosial dengan penuh kenyaman dan kekeluargaan. Di Japanese Zen Garden ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas berkualitas seperti clubhouse, kolam renang, basketball/futsal court, outdoor gym, dan playground untuk berbagai kegiatan komunitas penghuni.

Tidak hanya itu, Emerald City juga menyajikan fasilitas jogging-track sejauh 1 kilo meter (KM) yang akan berada di sepanjang tepian sungai ciluar yang sejuk dan sangat asri sebagai sarana kegiatan penghuni di pagi dan sore hari. Jogging track ini akan menjadi salah satu fasilitas yang iconic dan prime untuk perumahan di area bogor. Penghuni bisa berolahraga atau menikmati kesejukan udara bogor yang dapat melepaskan stress.

“Setiap penghuni terutama para kawula muda bisa berkomunitas santai bersama teman dan koleganya pada semua fasilitas publik yang kami sediakan. Konsep pengembangan perumahan seperti ini sengaja kami hadirkan guna memenuhi tingginya kebutuhan hunian berkualitas namun harganya tetap terjangkau,” jelas Dodi.

Dia memastikan, kehadiran Emerald City Cibinong yang mencakup 600-an unit hunian serta rumah dan toko (ruko) adalah jawaban atas kebutuhan tersebut. Sebab, meski didesain sebagai klaster hunian premium dua lantai tetapi harganya relative terjangkau, hanya Rp700 jutaan per unit.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas