Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemenhub Sosialisasi Fasilitas Transportasi Ramah Disabilitas di Soekarno-Hatta

Kemenhub menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas

Kemenhub Sosialisasi Fasilitas Transportasi Ramah Disabilitas di Soekarno-Hatta
TRIBUNNEWS.COM/RIA A
Kemenhub gelar sosialisasi dan simulasi transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan sosialisasi dan simulasi transportasi yang ramah bagi penyandang disabilitas di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (11/9/2019).

Sosialisasi yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019 ini dihadiri oleh 60 orang disabilitas dari berbagai organisasi disabilitas seperti GAUN, GERKATIN, YPAC, MRAD, JFBT, PERTUNI, dan Sarana Bina Daksa Budi Bhakti.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen pelayanan kepada kaum disabilitas dengan 23 Perusahaan BUMN dan swasta sektor transportasi baik di sektor darat, laut, udara dan perkeretaapian.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Umiyatun Hayati mengatakan, menyambut baik penandatangan komitmen yang dilakukan para operator.

Penandatanganan komitmen tersebut merupakan penegasan kembali tekad Kementerian Perhubungan bersama dengan stakeholder transportasi untuk mewujudkan sarana dan prasarana transportasi yang ramah disabilitas.

“Untuk itu saya minta semua yang terlibat dalam penyelenggaraan pelayanan transportasi menjadikan Penandatanganan Komitmen Pelayanan ini sebagai titik akselerasi untuk mewujudkan fasilitas transportasi yang ramah disabilitas dan berkelanjutan” jelas Umiyatun.

Lebih lanjut Umiyatun mengatakan, terkait dengan sarana dan prasarana transportasi yang ramah disabilitas, telah diatur dalam PM Nomor 98 Tahun 2017 tentang Penyediaan Aksesibilitas Pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik Bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus.

Baca: 60 Penyandang Disabilitas Siap Ikut Race di Maybank Marathon Bali 2019 Besok

“Oleh karena itu bagi operator yang belum memberikan pelayanan sarana dan prasarana ramah disabilitas agar segera dapat menyesuaikan dan mengacu pada aturan tersebut” ujarnya.

Untuk itu diharapkan hal tersebut dapat dilakukan juga oleh BUMN maupun swasta lain untuk dapat memperkerjakan para kaum disabilitas yang mempunyai kemampuan.

Kegiatan sosialisasi dan simulasi ini merupakan upaya nyata Kemenhub mengubah stigma disabilitas yang dirasa kurang mendapatkan perhatian Pemerintah.

“Kesungguhan Kementerian Perhubungan dalam melibatkan disabilitas tidak hanya pada kegiatan seremonial seperti saat ini akan tetapi lebih dari itu Kementerian Perhubungan telah merekrut pegawai disabilitas sebanyak sembilan orang yang telah ditempatkan di berbagai unit kerja di Kementerian Perhubungan,” ungkapnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas