Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jokowi Effect Memudar, Investor Asing Pilih Wait and See Susunan Kabinet

Peneliti INDEF Bhima Yudhistira menilai saat ini ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan para investor asing dalam menentukan investasinya

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Jokowi Effect Memudar, Investor Asing Pilih Wait and See Susunan Kabinet
MPR-RI
Sidang Paripurna Pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin Masa Jabatan 2019-2024 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti INDEF Bhima Yudhistira menilai saat ini ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan para investor asing dalam menentukan investasinya di Indonesia.

"Tekanan global yang masih besar juga ikut berpengaruh ke fluktuasi kurs rupiah," ujar Bhima, dalam pesan singkatnya kepada Tribunnews, Senin (21/10/2019).




Selain tekanan global yang berpengaruh terhadap fluktuasi kurs rupiah, faktor yang melanda banyak negara dan berdampak pada tidak stabilnya ekonomi pun turut menjadi pertimbangan para investor asing.

Hal ini dinilai mampu merubah strategi mereka dalam mengelola dana di negara seperti Indonesia.

"Instabilitas politik di Hong Kong, Brexit dan perang dagang yang masih jauh dari kata usai, merubah strategi pengelolaan dana para investor di negara berkembang," jelas Bhima.

Baca: Jadi Simbol Dunia Digital, Masuknya Nadiem Makarim ke Kabinet Direspons Positif

Momen pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun dianggap tidak terlalu berpengaruh terhadap keputusan investor dalam melakukan net buy.

BERITA TERKAIT

Karena saat ini para investor asing lebih memilih menunggu momen Jokowi mengumumkan susunan kabinetnya, khususnya yang masuk dalam 'tim ekonomi'.

Para investor asing menilai nama yang akan masuk sebagai 'tim ekonomi' Jokowi-Ma'ruf lebih menentukan karena akan menjadi pembuka peluang investasi melalui kebijakan strategis dan teknis.

"Hari Senin ini diperkirakan investor khususnya asing, masih akan ada aksi wait and see menunggu presiden umumkan kabinetnya," kata Bhima.

Menurut Bhima, 'Jokowi Effect' tidak terlalu memiliki pengaruh dalam menarik minat para investor asing pada era pemerintahan Jokowi pada kali kedua.

"Dibandingkan periode I Jokowi, kali ini Jokowi effect mulai memudar," pungkas Bhima.

Bahkan pidato Jokowi dalam momen pelantikannya di Kompleks Parlemen MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) pun tidak terlalu berpengaruh.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas