Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Softbank akan Hadirkan Solusi Ekosistem AI dan IoT di Lippo Village

Aliansi strategis akan mendukung kemajuan Proyek Digitalisasi Lippo Village dengan memberdayakan AI dan IoT untuk menciptakan solusi yang inovatif

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Softbank akan Hadirkan Solusi Ekosistem AI dan IoT di Lippo Village
KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA
CEO Lippo Karawaci John Riady 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  PT Lippo Karawaci Tbk  dan SoftBank Corp Jepang  mengumumkan aliansi strategis untuk bekerja sama dalam pengembangan dan penyebaran solusi ekosistem berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) di bidang real estate dan mobilitas di Indonesia.

Lippo Village di Karawaci merupakan lokasi prioritas untuk proyek ini dengan rencana untuk mengembangkan Lippo Village sebagai pusat aplikasi teknologi & penelitian di Asia Tenggara.

Seremoni penandatanganan kerjasama tersebut diselenggarakan di Hotel Aryaduta Jakarta pada tanggal 28 November 2019 yang dilakukan oleh CEO, Lippo Karawaci, John Riady dengan Vice President and Head of Global Business Strategy, Softbank, Hidebumi Kitahara.




Setelah acara penandatanganan, John Riady mengatakan, kerjasama dengan SoftBank dimaksudkan untuk mengembangkan solusi inovatif berbasis AI dan IoT bagi para pelanggan kami di perusahaan real estat dan layanan kesehatan terintegrasi terbesar di Indonesia.

"Di kota kami, kami bermaksud untuk menerapkan teknologi IoT melalui Smart Cluster Management dan Smart Traffic Management di Lippo Village," kata John Riady. 

Baca: Pemasok Kentang Belgia Kirim 50 Ribu Ton Kentang ke Asia Tenggara

Sementara Hidebumi Kitahara mengatakan, peluncuran inisiatif AI dan IoT untuk membuat Lippo Village semakin nyaman bagi para penghuni dan penyewa.

SoftBank akan memperkenalkan wawasan teknologi canggih yang dimilikinya ke pusat perbelanjaan dan fasilitas komersial lainnya, rumah sakit, dan seluruh kawasan Lippo Village.

BERITA TERKAIT

"Dalam hal ini, kami bertujuan untuk mengembangkan Lippo Village sebagai contoh model Kota Cerdas di Asia Tenggara," katanya.

Smart Cluster Management menggunakan teknologi kamera canggih untuk pengenalan wajah para penghuni di dalam kendaraan,

Juga memiliki kemampuan untuk membaca plat nomor kendaraan bermotor dari para warga serta mengidentifikasi para pengunjung yang tidak dikenal.

Baca: Tampil di Pembukaan Lippo Village Festival, JFC Usung Tema Keagungan Suku-Suku Bangsa di Dunia

Smart Traffic Management sendiri, melalui mode CCTV pintar, memiliki kemampuan untuk menghitung jumlah kendaraan yang masuk ke dalam kawasan, serta pada saat yang sama mampu mengidentifikasi dan membedakan jenis-jenis kendaraan diantaranya seperti sepeda motor, mobil, bus dan truk.

Penerapan teknologi ini akan mendorong peningkatan manajemen lalu lintas dan memungkinkan arus lalu lintas yang lebih baik dan lebih lancar di waktu-waktu tertentu sepanjang hari.

Selain itu, kerjasama antara LPKR dan SoftBank akan menghadirkan platform analitikal baru yang didukung oleh AI dan Big Data yang secara dramatis akan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Platform ini akan diperluas ke segmen mal, menggabungkan pemilik dan operator mal ritel terbesar dengan aplikasi teknologi inovatif yang disediakan SoftBank melalui teknologi IoT.

Kerja sama ini akan memberikan pengalaman mutakhir bagi para pelanggan yang akan menghubungkan perilaku pengguna dengan penawaran dan penghargaan khusus di seluruh jaringan 51 mal yang dikelola oleh LPKR.

Selain meningkatkan pengalaman pelanggan, teknologi ini memungkinkan mal dan toko-tokonya untuk memberikan penawaran yang berpusat pada pelanggan yang akan memberikan pengalaman berbelanja yang unik dan "pintar".

Selain itu, kerja sama ini akan mencakup Siloam Hospitals dalam penerapan pelayanan kesehatan yang pintar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas