Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menhub Beri Izin Pertamina Restorasi Lahan untuk Kilang Minyak dan Pelabuhan di Tuban

Proyek GRR Tuban merupakan proyek pembangunan kilang minyak dan petrokimia dengan kapasitas pengolahan 300 ribu barel per hari.

Menhub Beri Izin Pertamina Restorasi Lahan untuk Kilang Minyak dan Pelabuhan di Tuban
Ria Anatasia/Tribunnews.com
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meninjau pembangunan Kilang Pertamina Grass Root Refinery (GRR) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (30/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, TUBAN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meninjau pembangunan Kilang Pertamina Grass Root Refinery (GRR) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (30/11/2019).

Proyek GRR Tuban merupakan proyek pembangunan kilang minyak dan petrokimia dengan kapasitas pengolahan 300 ribu barel per hari.

 Dalam kesempatan tersebut, Budi Karya memberikan izin untuk perusahaan berpelat merah itu melalukan restorasi atau pemugaran di atas lahan seluas 821 hektare.

"Saya diperintahkan oleh Presiden untuk mengawal proyek-proyek yang menjadi inisiatif pemerintah. Apalagi ini berkaitan dengan pembuatan kilang. Kilang minyak kita tahu kita membutuhkan banyak kilang. Bayangkan ada 260 juta penduduk butuh minyak," kata Budi.

Baca: Jokowi Targetkan Proyek Pelabuhan Patimban Rampung Juni 2020

"Oleh karenanya tadi saya sudah dijelaskan oleh bu Nicke (Dirut Pertamina) untuk membangun suatu kilang. Ini kan butuh tanah, saya beri izin Pertamina untuk lakukan restorasi," tambahnya.

Budi menambahkan, di wilayah tersebut juga akan dibangun pelabuhan sepanjang kurang lebih 400-500 meter. Selain itu, akan dilakukan proyek reklamasi di atas lahan seluas 200 hektare. Pengerjaaan reklamasi ditargetkan rampung dalam 1,5 tahun.

"Selain itu proyek ini buat 20 ribu orang bisa dapat kesempatan kerja. Jadi Tuban namanya bagus, tempatnya jadi produktif, masyarakat banyak bisa jadi pekerja. Memang saya ditugaskan beri dukungan, makanya saya dukung silakan lalukan restorasi karena ini jadi solusi yang cepat," kata dia.

Baca: Pertamina Pastikan Stok Aman

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menargetkan proyek ini secara keseluruhan akan selesai pada 2026 mendatang.

Jika telah beroperasi, kapasitas pengolahan kilang minyak ini ‎mencapai 300 kbpd, produksi  gasoline 14 juta liter per hari, produksi diesel 16 juta liter per hari, produksi avtur 4 juta liter per hari dan total produksi petrokimia 4.250 ktpa.

"Target selesai 2026, selesai semuanya di 2026. Mechanical competin direncanakan pada awal 2026 dan operation acceptance pada Juni 2026. Dengan program akselerasi diharapkan selesai Juni 2026," kata Nicke.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas