Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ini Akses ke Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek yang Bisa Digunakan Pemudik

Pembukaan secara resmi akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo yang sekaligus memutuskan masa promosi penggunaan jalan tol tanpa tarif.

Ini Akses ke Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek yang Bisa Digunakan Pemudik
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Jalan tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Japek Elevated tampak sudah selesai pembangunannya di Kawasan Bekasi Timur, Jawa Barat, Selasa (3/12/2019). Tol Japek elevated ini merupakan tol layang terpanjang di Indonesia. Tol ini membentang sepanjang 36 kilometer (km) di atas Tol Japek eksisting, dan rencananya akan dioperasikan gratis untuk menyambut mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) dipastikan dapat digunakan untuk umum pada 15 Desember 2019 mendatang.

Pembukaan secara resmi akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo yang sekaligus memutuskan masa promosi penggunaan jalan tol tanpa tarif.

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, pentarifan masih belum final dan masih terus dibahas.

"Untuk sementara, tol ini dioperasikan tanpa tarif," kata Danang, Rabu (4/12/2019).

Jalan tol yang diharapkan dapat menunjang kelancaran arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, ini dirancang sepanjang 36,4 kilometer.

Terdiri dari sembilan seksi. Seksi I Cikunir-bekasi Barat, Seksi II Bekasi Barat-Bekasi Timur, Seksi III Bekasi Timur-Tambun, Seksi IV Tambun-Cibitung, dan Seksi V Cibitung-Cikarang Utama.

Baca: Jelang Nataru, Jasa Raharja Siapkan Layanan Mudik Gratis Angkutan Darat dan Laut

Kemudian Seksi VI Cikarang Utama-Cikarang Barat, Seksi VII Cikarang Barat-Cibatu, Seksi VIII Cibatu-Cikarang Timur, dan Seksi IX Cikarang Timur-Karawang Barat.

Untuk menikmati jalan bebas hambatan dengan struktur melayang terpanjang di Indonesia ini, pemudik bisa mengambil akses melalui beberapa opsi.

Direktur Utama Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono menuturkan, opsi akses pertama menuju Tol Layang Jakarta-Cikampek bisa melalui Jalan Tol Dalam Kota menuju gerbang Cikunir Sta 9+500.

"Öpsi kedua bisa melalui Jalan Tol Wiyoto Wiyono. Opsi ketiga bisa dari Jalan Tol JORR, dan terakhir melalui Jalan Tol Jagorawi," jelas Djoko.

Setelah itu, pemudik dapat melanjutkan perjalanan dengan melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated menuju ke arah Bandung, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

Kemudian dari arah sebaliknya, pengendara dari arah Jawa Timur, Jawa Tengah, serta Bandung bisa menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa dan Jalan Tol Cipularang. Setelah itu, pengendara bisa melintasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated menuju ke Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Akses Menuju Tol Layang Jakarta-Cikampek yang Bisa Digunakan Pemudik"

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas