Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Dibuka pada 15 Desember 2019

Djoko Dwijono mengatakan, pekerjaan konstruksi jalan tol layang tersebut telah mencapai 99,95 persen.

Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Dibuka pada 15 Desember 2019
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Jalan tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Japek Elevated tampak sudah selesai pembangunannya di Kawasan Bekasi Timur, Jawa Barat, Selasa (3/12/2019). Tol Japek elevated ini merupakan tol layang terpanjang di Indonesia. Tol ini membentang sepanjang 36 kilometer (km) di atas Tol Japek eksisting, dan rencananya akan dioperasikan gratis untuk menyambut mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Istiono memastikan bahwa Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II) atau Elevated dibuka pada 15 Desember 2019.

"Tanggal 15 Desember 2019 nanti akan diberlakukan elevated mulai dari Kilometer (Km) 10 sampai Km 48," ucap Istiono yang dikutip dari NTMC Polri, Selasa (3/12/2019).

Lebih lanjut, Istiono mengatakan, dibukanya tol layang yang membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat itu akan sangat membantu kelancaran arus lalu lintas menjelang musim mudik dan liburan Natal serta tahun baru.

Baca: Kendaraan Angkutan Barang Direncanakan Kembali Dilarang Melintas Tol Jakarta-Cikampek

Namun, memang akan ada titik perlambatan yang terjadi, terutama pada saat akan naik menuju jalan tol layang tersebut.

"Akan ada penumpukan, tapi hanya sedikit saja. Pada hakikatnya akan terjadi kelancaran karena dengan jalur di atas tidak akan bersinggungan dengan jalur Cikampek yang di bawah," ucap Istiono.

"Untuk jalur kemacetan di luar jalan tol sendiri antara lain itu pasti di kawasan Nagrek, pasti padat. Untuk penguatan keamanan, kami kerahkan 160.000 personel," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JCC) Djoko Dwijono mengatakan, pekerjaan konstruksi jalan tol layang tersebut telah mencapai 99,95 persen.

Ketika sudah bisa dilintasi, pengguna jalan dari arah Jakarta dapat mengakses dari Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR, dan Jalan Tol Jagorawi. Setelah itu kembali melanjutkan menggunakan Jalan Tol Layang untuk menuju ke arah Bandung atau Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sebaliknya, pengguna jalan dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bandung dapat menggunakan Jalan Tol Trans-Jawa dan Jalan Tol Cipularang, kemudian dilanjutkan menggunakan Jalan Tol Layang guna menuju Jakarta.

"Sisa pekerjaan saat ini kami sedang mengejar penyelesaian expansion joint yang saat ini masuk dalam tahap leveling diratakan hingga sama dengan aspal. Selain itu, ada pekerjaan barrier di bagian bawah," kata Djoko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka pada 15 Desember 2019"

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas