Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menperin Agus Gumiwang Target Serapan Anggaran Semester I-2020 Capai 42 Persen

Pagu anggaran Kemenperin mencapai Rp2,95 Triliun atau lebih rendah dari alokasi anggaran pada 2019 yakni sebesar Rp 3,5 triliun.

Menperin Agus Gumiwang Target Serapan Anggaran Semester I-2020 Capai 42 Persen
TRIBUNNEWS/REYNAS
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kick-off pelaksanaan anggaran 2020 Kementerian Perindustrian di Ruang Garuda, Kantor Kemenperin, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Pagu anggaran Kemenperin mencapai Rp2,95 Triliun atau lebih rendah dari alokasi anggaran pada 2019 yakni sebesar Rp3,5 triliun.

“Saya ingin anggaran 2020 kita bisa lanjut mengektifkan capaian dan realisasi. Kalau anggaran turun maka tidak akan sulit kita progres realisasi anggaran. Semester 1-2020 target kita 42 persen,” kata Agus.

Menurut Agus, Presiden RI Joko Widodo sudah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan pembelanjaan modal serta penyerapan anggaran yang akan memberi kontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia.

“Kita tidak tahu kondisi ekonomi global akan terus menghadapai dinamika ke depan, tekanan terhadap ekonomi Indonesia juga tidak dapat ditebak namun bisa juga menjadi hal yang menguntungkan bagi perindustrian kita,” paparnya.

Menteri Agus mengatakan akan membuat kebijakan industri yang bottom-up sehingga sentuhan dari negara terhadap keberlangsungan industri bisa terbangun serta pendekatan talk-down berbicara langsung dengan para pelaku di hulu.

Baca: Pemerintah Tak Konsisten Soal Kebijakan Truk ODOL, Kemenperin Minta Waktu

“Ini (pendekatan talk-down) pastinya juga butuh anggaran. Saya yakin bapak ibu bisa menajdi motor penggerak dalam membangun hubungan dengan para pelaku industri dan instansi pemerintah,” papar dihadapan pejabat Kemenperin.

Baca: Bidik Pasar Afrika, Produsen AMMDes Ini Gandeng Dangote Group

Sebelumnya, Komisi VI DPR RI menerima usulan pagu indikatif anggaran Kemenperin tahun 2020 sebesar Rp2,95 triliun.

Komisi VI DPR RI mengapresiasi realisasi anggaran Kemenperin tahun 2018 sebesar Rp2,62 triliun atau 92,28 persen dari pagu anggaran Rp2,84 triliun.

Realisasi tersebut sudah melampaui prosentase angka realisasi nasional sebesar 91,68 persen.

Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas