Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Erick Thohir Bersihkan BUMN

Kisruh Aset Asabri, Menteri Erick Thohir Copot Jajaran Direktur

Direktur Utama Asabri Sonny Widjaja mengakui adanya penurunan aset yang cukup tajam sepanjang 2019.

Kisruh Aset Asabri, Menteri Erick Thohir Copot Jajaran Direktur
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Direktur Utama PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) Letjen TNI (purn) Sonny Widjaja (kiri) memberikan keterangan di Gedung Asabri, Jakarta, Kamis (16/1/2020). Asabri membantah tudingan korupsi yang dialamatkan kepada perusahaan tersebut serta akan menempuh jalur hukum menuntut pihak-pihak yang mengakibatkan kegaduhan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak direksi PT Asabri (Persero). Terdapat dua direktur yang diberhentikan yakni Direktur SDM dan Umum Asabri Herman Hidayat dan Direktur Keuangan dan Investasi Asabri Rony Hanityo Apriyanto.

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-36/MBU/01/2020 tanggal 30 Januari 2020.

"Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham memberhentikan dengan hormat Herman Hidayat dan Rony Hanityo Apriyanto dari jabatan Direktur," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol BUMN Ferry Andrianto dalam keterangannya, Kamis (30/1/2020).

Selain tentang pemberhentian pejabat, SK tersebut juga memuat soal Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Asabri.

"Menteri BUMN juga mengubah nomenklatur jabatan direksi yang semula hanya tertulis Direktur menjadi Direktur SDM dan Hukum, Direktur Keuangan, dan Direktur Investasi," jelasnya.

Untuk mengisi jabatan-jabatan tersebut, Erick Thohir mengangkat Eko Setiawan sebagai Direktur SDM dan Hukum, Helmi Imam Satriyono sebagai Direktur Keuangan, dan Jeffry Haryadi P Manullang sebagai Direktur Investasi.

Baca: 100 Hari Pemerintahan Jokowi-Maruf, Erick Thohir & Nadiem Makarim Dinilai Baik tapi Ada Kendala Ini

Kondisi Asabri

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI, Direktur Utama Asabri Sonny Widjaja mengakui adanya penurunan aset yang cukup tajam sepanjang 2019.

Dia memaparkan, total aset yang belum diaudit dari program Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM) pada 2019 merosot dari Rp 19,4 triliun menjadi Rp 10,6 triliun.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas