Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bukalapak Luncurkan Produk Virtual Terbaru untuk Warung Tradisional

Teknologi ini dihadirkan untuk membantu warung tradisional agar tidak kalah dengan retail modern

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Bukalapak meluncurkan produk virtual untuk memudahkan transaksi para pengusaha UKM.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan inisiatif ini untuk membantu lebih dari 1,5 juta pengusaha UKM khususnya mitra Bukalapak di 189 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

"Produk virtual ini dapat membantu para mitra Bukalapak yang merupakan pengusaha UKM seperti warung tradisional memperbanyak produk yang mereka jual," kata Rachmat di Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/3/2020).

Rachmat menjelaskan, dengan produk virtual ini para pengusaha UKM warung tradisional dapat menciptakan peluang, dengan tidak hanya menjual produk sembako ataupun kebutuhan sehari-hari.

"Sebagai mitra Bukalapak, para UKM ini bisa menjual produk virtual seperti pulsa, token listrik, top up dompet digital, tagihan telkom, hingga membeli voucher gim," kata Rachmat.

Para mitra Bukalapak juga bisa menerima jasa kirim untuk mempermudah masyarakat mendapatkan aksea keuangan, khusunya masyarakat yang belum memiliki akses ke bank.

BERITA TERKAIT

"Masyarakat juga bisa menabung emas melalui warung tradisional yang telah bergabung menjadi mitra Bukalapak, dengan ini masyarakat dapat menabung emas tanpa harus repot dan dapat menabung mulai dari Rp 10 ribu," kata Rachmat.

Rachmat juga menjelaskan, para UKM yang tergabung di mitra Bukalapak adalah warung tradisional.

Baca: Bus Tayo yang Imut Nan Ramah Mejeng di GIICOMVEC 2020

Teknologi ini dihadirkan untuk membantu warung tradisional agar tidak kalah dengan retail modern sekaligus mendorong kemajuan usaha para pemilik warung tradisional.

Baca: PO Pandawa 87 Kini Miliki Bus Mewah Berchassis Volvo B11R Garapan Karoseri Adi Putro

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki yang hadir di peluncuran produk virtual Bukalapak mengatakan warung tradisional sangat memiliki potensi, untuk memberikan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Pemberdayaan warung melalui peningkatan bisnis dan daya saing sangatlah penting untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi para UKM warung tradisional," kata Teten.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebutkan untuk mendorong warung tradisional berkembang dan maju dibutuhkan pemanfaatan teknologi, yang mampu menopang pertumbuhan ekonomi bangsa.

Foto: Peluncuran produk virtual Bukalapak di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/3/2020).
 

--

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas