Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ekonomi Melambat, UKM Bisa Ambil Peran di Pasar Dalam Negeri

Untuk menembus pasar global perlu strategi matang dan pengembangan yang baik, misalnya alat produksi harus sesuai standar.

Ekonomi Melambat, UKM Bisa Ambil Peran di Pasar Dalam Negeri
TRIBUNNEWS/HARI DARMAWAN
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah , Teten Masduki dan CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengan (UKM), Teten Masduki mengatakan, perlambatan ekonomi yang dipicu oleh dampak penyebaran virus corona memberi peluang bagi para pengusaha UKM lebih berkembang lagi.

"Kita berkaca pada krisis ekonomi tahun 98 yang pernah melanda Indonesia, saat krisis tersebut yang jadi penyelamat ekonomi justru UKM ini yang menjajakan produk lokal," ujar Teten di Gedung Sate Bandung, Minggu (8/3/2020)..

Teten juga menjelaskan, para pengusaha ini bisa mensubtitusi kebutuhan produk berbahan baku impor termasuk kategori konsumsi yang dapat digantikan oleh produk UKM ini.

'Kita juga sedang merencanakan bagaimana produk UKM ini dapat masuk ke pasar global, tentu ini perlu kesiapan dan fasilitas agar produk mereka bisa menembus pasar global," kata Teten.

Untuk menembus pasar global perlu strategi matang dan pengembangan yang baik, misalnya alat produksi harus sesuai standar.

Baca: Bertambah 49, Korban Meninggal Akibat Corona di Iran Menjadi 194 Orang

"Tentunya hal ini tidak bisa dikerjakan sendiri, kita juga harus bekerja sama untuk mendorong UKM lokal yang menjadi tulang punggung ekonomi. Kerja sama dengan swasta, platform terkait dan para stakeholder juga menjadi sangat penting untuk mewujudkan ini," ujar Teten.

Baca: Ririn Ekawati Diamankan Dugaan Kasus Narkoba, Hasil Tes Urine Ternyata Negatif

Dia menyatakan platform seperti Bukalapak berperan memberikan kesempatan kepada para UKM seperti warung tradisional memperluas pasar di ranah digital agar dapat bersaing dengan retail modern.

Teten juga mengharapkan agar upaya membawa warung tradisonal go digital diikuti dengan produk yang lebih beragam.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas