Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

AMMDes Diubah Jadi Ambulance untuk Tangani Covid-19

AMMDes ambulance feeder digunakan untuk pergi ke desa-desa khususnya di daerah terpencil, dengan infrastruktur jalan buruk.

Editor: Sanusi
zoom-in AMMDes Diubah Jadi Ambulance untuk Tangani Covid-19
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
AMMDes aplikasi ambulance feeder saat dipamerkan di acara The 2nd AMMDes Summit and Exhibition yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan, Senin (15/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Puskesmas Bojongmanik di Kabupaten Lebak, Banten memanfaatkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) sebagai ambulance feeder untuk mensosialisasikan virus corona atau Covid-19 kepada masyarakat.

AMMDes ambulance feeder digunakan untuk pergi ke desa-desa khususnya di daerah terpencil, dengan infrastruktur jalan buruk.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan hal tersebut membuktikan AMMDes dapat memberi kemudahan dan bisa digunakan dengan berbagai fungsi sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Baca: PSBB di Jakarta, Sepeda Motor Boleh Bonceng Penumpang Asal Satu Alamat Domisili

Baca: Kasus Pasien Positif Covid-19 Indonesia Masih Bertambah, Kapan Mencapai Puncak Pandemi Virus Corona?

"Hingga saat ini para petugas Puskesmas Bojongmanik masih aktif mengunjungi masyarakat yang berada di sembilan desa," tutur Putu melalui keterangan resmi, Kamis (9/4/2020).

Kendaraan tersebut tidak hanya mensosialisasikan tentang pentingnya menjaga kesehatan, tetapi juga mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan mereka dari penyebaran Covid-19.

Adapun kegiatan lainnya dalam upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 di setiap desa, antara lain adalah mendistribusikan selebaran atau brosur tentang virus korona, memberikan masker gratis kepada masyarakat dan mengajarkan cara penggunaan yang tepat.

BERITA TERKAIT

Mengajarkan cara mencuci tangan dengan sabun dan air yang benar, serta mengimbau masyarakat untuk menerapkan Perilaku Bersih dan Sehat (PHBS).

AMMDes ambulance feeder juga digunakan untuk membantu masyarakat yang sakit menuju Puskesmas atau rumah sakit setempat, bahkan sempat menjadi fasilitas proses persalinan.

"Menariknya, sudah ada dua ibu yang melahirkan anaknya di AMMDes dan akhirnya nama anaknya juga disamakan dengan nama AMMDes," terang Putu Juli.

AMMDes ambulance feeder telah menjadi proyek percontohan, karena dinilai bisa menekan angka kematian ibu dan bayi.

Apalagi, di Kabupaten Lebak, masih ada belasan desa yang akses jalannya buruk dan berbatu-batu sehingga sulit dijangkau dengan mobil ambulans konvensional.

Saat ini, AMMDes telah memiliki tingkat kandungan komponen lokal yang cukup tinggi, yakni mencapai 70 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas