Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kadin Usul Dana Penanganan Corona Rp 1.600 T, Menko Airlangga: Ada Mekanismenya

Perppu ini membutuhkan persetujuan dari DPR dan saat sekarang juga dikaitkan dengan perubahan APBN-P.

Kadin Usul Dana Penanganan Corona Rp 1.600 T, Menko Airlangga: Ada Mekanismenya
TRIBUNNEWS/YANUAR RIEZQI
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 

Laporan Reporter Rahma Anjaeni 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P. Roeslani mengatakan, besaran anggaran untuk penanganan virus corona saat ini yang dialokasikan Pemerintah masih belum ideal.

Pihaknya menyarankan agar pemerintah dapat menambah jumlah stimulus menjadi Rp1.500 triliun- Rp1.600 triliun.

Rinciannya, untuk program jaring pengaman sosial sebesar Rp 600 triliun, dana kesehatan Rp 400 triliun, serta dana finansial perbankan sebesar Rp 500 triliun sampai dengan Rp 600 triliun.

Sebelumnya, Pemerintah telah menambahkan anggaran untuk penanganan wabah virus Corona (Covid-19) sebesar Rp 405,1 triliun.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penambahan anggaran dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada dan dengan tidak terburu-buru.

"Pemerintah menyelesaikan persoalan tidak terburu-buru, semuanya dengan mekanisme yang ada dan step-stepnya yang ada," ujar Airlangga di dalam telekonferensi daring, Sabtu (11/4/2020).

Baca: SBY Bikin Lagu tentang Virus Corona, Bisa Disimak di Link Ini

"Yang Rp 405,1 triliun sendiri kan baru akan dibahas melalui Perppu, dan Perppu ini membutuhkan persetujuan dari DPR dan saat sekarang juga dikaitkan dengan perubahan APBN-P. Dengan demikian ini menggunakan waktu," lanjut Airlangga.

Baca: Bahan Alami Curcumin Berkhasiat Tingkatkan Imunitas Tubuh, Tapi Bukan Obat untuk Covid-19

Namun demikian, kata Airlangga, mengenai jumlah pasti yang akan dibutuhkan untuk penanganan wabah ini, pihaknya selalu melakukan asesmen terlebih dulu.

"Tetapi di dalam Perppu sudah jelas bahwa budget defisit untuk tahun pertama, kedua, dan ketiga itu dibuka, tahun keempat dan kelima dikembalikan ke 3 persen," kata Airlangga.

Menurutnya, kebutuhan anggaran ini nantinya akan dilihat terlebih dahulu sesuai dengan situasi yang sedang di hadapi ke depannya.

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Kadin usul dana penanganan corona capai Rp 1.600 triliun, ini kata Menko Airlangga

Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas