Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenperin Siapkan 548 Kuota Bebas Biaya Kuliah Lewat Jarvis

https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/04/16/driver-ojol-bantuan-sembako-dari-gojek-menolong-banget-saat-orderan-sepi

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kemenperin Siapkan 548 Kuota Bebas Biaya Kuliah Lewat Jarvis
HANDOUT
Penandatanganan kerjasama program vokasi antara AHM dengan perwakilan 15 SMK di Sulawesi di Kawasan Industri Makassar, Sulawesi Selatan (16/1/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian meluncurkan program Jalur Penerimaan Vokasi Industri (Jarvis) melalui virtual launching di kanal Youtube Kementerian Perindustrian, Kamis (16/4/2020).

Melalui program ini Kemenperin berkomitmen untuk membuka akses yang luas bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) di Indonesia untuk dapat menempuh pendidikan di berbagai politeknik dan juga akademi yang secara khusus fokus pada sektor industri.

"Kami ingin membuka akses seluas-luasnya sehingga setiap lulusan SMK, SMA, MA dan MAK memperoleh kesempatan yang sama untuk belajar di politeknik binaan Kemenperin dan dididik menjadi SDM industri yang terampil dan kompeten," tutur Kepala BPSDMI Kemenperin, Eko SA Cahyanto saat peluncuran, Rabu (15/4/2020).

Baca: Wishnutama Koreksi Pernyataan Luhut Akan Tarik Wisatawan China, Korsel dan Jepang

Jarvis merupakan platform sistem informasi akademik yang digunakan politeknik atau akademi komunitas di lingkungan Kemenperin. Pada tahap awal, Jarvis digunakan sebagai jalur penerimaan mahasiswa baru.

Baca: Prof Chaerul Anwar Nidom Beberkan Inovasi BCL dan Super Antioksidan untuk Usir Covid-19

Platform Jarvis Kemenperin ini dapat diakses oleh calon mahasiswa secara online melalui portal jarvis.kemenperin.go.id.

Baca: Kisah Ika Dewi Maharani, Relawan Perempuan Satu-satunya yang Jadi Sopir Ambulans di RS Covid-19

"Melalui Jarvis ini, diharapkan dapat menjaring 3.041 mahasiswa baru, termasuk didalamnya 548 mahasiswa dengan bebas biaya kuliah," ungkap Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca: Gara-gara Pasien Berbohong, 76 Staf Medis RSUD Purwodadi Harus Jalani Rapid Test

BERITA REKOMENDASI

Ke 548 siswa yang bebas biaya tersebut dapat menempati berbagai politeknik di Politeknik Industri Logam di Morowali, Sulawesi Tengah sebanyak 96 orang.

Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu di Kendal, Jawa Tengah sejumlah 150 orang dan Akademi Komunitas Industri Manufaktur di Bantaeng, Sulawesi Selatan sebanyak 102 orang serta Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil di Solo, Jawa Tengah sebanyak 200 orang.

Program Jarvis mencakup pendaftaran untuk 10 politeknik dan dua akademi komunitas milik Kemenperin yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

"Beberapa di antaranya adalah Politeknik STTT Bandung yang memiliki kompetensi tekstil dan produk tekstil, ada juga AKA Bogor dengan jurusan unggulan kimia analis dan lulusannya diproyeksikan bekerja di sektor industri petrokimia," imbuh Eko.

Berbagai politeknik dan akademi komunitas yang ada di bawah Kemenperin memiliki jenjang pendidikan dari D-I, D-II, D-III, D-IV dan S2.

Namun untuk tahun ajaran 2020-2021, hanya akan dibuka untuk jenjang D-II, D-III, dan D-IV.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas