Tribun Bisnis

Beli dari UMKM Hingga 4.000 Unit, Sido Muncul Tak Ingin Lagi Impor APD

Alat Perlindungan Diri (APD) yang menjadi fokus utama untuk disalurkan selain sembako dan produk Sido Muncul.

Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
Beli dari UMKM Hingga 4.000 Unit, Sido Muncul Tak Ingin Lagi Impor APD
Lita Febriani
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (kaos hitam) saat menyerahkan bantuan dari Sido Muncul di Kantor Sido Muncul, Jakarta Selatan, Selasa (5/5/2020) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, Sido Muncul telah menyiapkan dana sebesar Rp 15 miliar untuk membantu warga dan tenaga medis yang terdampak.

Yang terbaru, Sido Muncul menyerahkan bantuan dengan total Rp 800 juta kepada Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi), Satuan Kesehatan Detasemen Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Satkes Denma Mabes TNI), Rumah Perubahan dan Walikota Semarang pada Selasa (5/5/2020) di Kantor Sido Muncul, Jakarta Selatan.

Alat Perlindungan Diri (APD) yang menjadi fokus utama untuk disalurkan selain sembako dan produk Sido Muncul.

bantuan APD dr sido muncul
bantuan dari Sido Muncul

Awalnya Sido Muncul membeli APD seperti baju hazmat dan masker medis dari luar negeri atau impor.

Mulai saat ini, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat berkomitmen untuk membeli produk APD seperti baju hazmat di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Pertama kali kita beli dari China. Tapi mulai saat ini kita akan beli dari UMKM karena mereka sudah bisa buat. Jadi sekarang kami tidak impor lagi. Tapi kalau rapid test masih impor," tutur Irwan Hidayat usai menyerahkan bantuan di Kantor Sido Muncul, Jakarta Selatan, Selasa (5/5/2020).

Hingga saat ini, Sido Muncul sudah membeli APD berupa baju hazmat kepada UMKM dengan jumlah mencapai 4.000 buah.

Sido Muncul membeli baju hazmat tersebut dari UMKM yang tersebar di Indonesia dan telah memiliki ijin produksi dari Kementerian Kesehatan.

"Kita sudah beli di UMKM mungkin sekitar 3.000-4.000 APD. Kami sudah beli dari Anne Avantie, dari daerah Bandung, kita beli dari banyak tempat. Tadinya memang beli dari China, tetapi UMKM kita membuat juga ngga kalah bagus kok," ungkapnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas