Tribun Bisnis

Insentif Pajak untuk Pelaku Usaha hingga Karyawan, Ini Batas Waktu Penyampaiannya

Inilah batas waktu penyampaian pemberintahuan insentif pajak, dan perluasan sektor usaha penerima fasilitas pajak.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
Insentif Pajak untuk Pelaku Usaha hingga Karyawan, Ini Batas Waktu Penyampaiannya
instagram.com/ditjenpajakri
Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kembali memberikan keringanan berupa insentif pajak bagi wajib pajak (WP) dengan kriteria tertentu. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kembali memberikan keringanan berupa insentif pajak bagi wajib pajak (WP) dengan kriteria tertentu.

Kebijakan tersebut diberlakukan guna meringankan beban ekonomi WP akibat wabah virus corona (Covid-19).

Dikutip dari akun Instagram resmi DJP, @ditjenpajakri, ketentuan mengenai pemberian insentif pajak ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 23/PMK.03/2020.

Sementara itu, dikutip dari siaran pers di laman pajak.go.id, penyampaian pemberitahuan memanfaatkan insentif PPh Pasal 21 Ditanggung Pemerintah (DTP) telah dilakukan paling lambat 20 Mei 2020.

Penyampaian pemberitahuan memanfaatkan insentif pengurangan angsuran PPh Pasal 25 telah dilakukan paling lambat 15 Mei 2020.

Seluruh fasilitas dan tata cara penyampaian dapat dilakukan secara online di www.pajak.go.id.

Lebih lanjut, pada insentif pajak jilid 2 pemerintah telah memperluas sektor usaha penerima fasilitas pajak, di antaranya:

1. Insentif PPh Pasal 21

Insentif PPh Pasal 21 diperuntukan bagi pegawai perusahaan yang termasuk dalam 1.602 klasifikasi lapangan usaha (KLU) pajak di mana semula hanya 440 KLU, pegawai pada perusahaan yang mendapatkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE), dan pegawai perusahaan di kawasan berikat.

Karyawan yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan memperoleh penghasilan bruto yang disetahunkan di bawah Rp 200.000.000 di sektor-sektor tersebut tidak dikenakan pajak.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas