Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

AP II Setuju Ada Tes PCR untuk Penumpang dari Penerbangan Luar Negeri

Angkasa Pura II siap menjalankan pemeriksaan rapid test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) terkait Covid-19.

AP II Setuju Ada Tes PCR untuk Penumpang dari Penerbangan Luar Negeri
Warta Kota/Andika Panduwinata
Kondisi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang sempat memanas pada Minggu (15/3/2020). Para pengguna jasa Bandara Soetta tampak gusar di pelataran Terminal 3. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura (AP) II siap mengimplementasikan kebijakan pemerintah, mengenai adanya pemeriksaan rapid test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) terkait Covid-19.

Nantinya setiap WNI dan WNA yang tiba di Indonesia harus melalui protokol kesehatan, antara lain adalah pemeriksaan rapid test dan PCR di bandara kedatangan mereka.

Hal ini mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan No HK.02.01/MENKES/313/2020 mengenai, Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Kedatangan Warga Negara Asing (WNA) dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara dan di Wilayah Pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

President Director PT AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan bahwan beberapa penerbangan repatriasi WNI sudah disesuaikan, agar dapat dilakukan pengetesan PCR terhadap penumpang.

Baca: Kurangi PHK, Pemerintah Bolehkan Warga Usia di Bawah 45 Tahun Beraktivitas Lagi

"Seperti misalnya penerbangan repatriasi WNI dari Bangladesh yang mendarat 11 Mei 2020. Pesawat tidak merapat ke terminal, namun parkir di apron Terminal 3. Kemudian, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) naik ke pesawat untuk menjelaskan prosedur protokol kesehatan," ucap Awaluddin dalam keterangannya, Selasa (12/5/2020).

Baca: THR untuk Pegawai Negeri Sipil Cair Jumat Pekan Ini

Lanjutnya, penumpang pesawat akan turun untuk kemudian di apron dilakukan pendataan, tes suhu tubuh, saturasi oksigen, serta klastering oleh KKP.

"Kemudian seluruh penumpang naik bus untuk langsung menuju Asrama Haji Pondok Gede untuk dilakukan pemeriksaan PCR. Jadi, penumpang tidak masuk ke terminal namun langsung menuju Asrama Haji Pondok Gede,” ujar Awaluddin.

Baca: Anies Terbitkan Pergub Sanksi: Kendaraan Langgar Ketentuan PSBB Siap-siap Diderek

Awaluddin juga mengungkapkan, PT AP II sedang mengkaji adanya kemungkinanan, melaukan tes PCR di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

"Apabila tes PCR perlu dilakukan di Bandara Soetta, bisa dilakukan di terminal VIP yang terletak di terminal 3," kata Awaluddin. 

Keberadaan Mobile Command Post (MCP) yang dimiliki Bandara Soetta, bisa difungsikan untuk mendukung jalannya tes tersebut.

"Tapi kemungkinan-kemungkinan itu masih dikaji," kata dia.

Menurut Awaluddin, hingga saat ini stakeholder di Bandara Soetta selalu berkoordinasi intensif, dan saling mendukung agar KKP dapat menjalankan protokol kesehatan secara penuh terhadap WNI dan WNA yang baru tiba di Indonesia.

"Karena Bandara Internasional Soetta, merupakan pintu masuk utama untuk penerbangan repatrias WNI dari luar negeri,” kata Awaluddin.

Ikuti kami di
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas