Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Gandeng Telkomsel, PMI Tangani Covid-19 dengan Teknologi IoT

Palang Merah Indonesia (PMI) mulai menggunakan teknologi internet of thing (IoT) dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Sanusi
zoom-in Gandeng Telkomsel, PMI Tangani Covid-19 dengan Teknologi IoT
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Petugas sedang mengecek stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (14/4/2020). Petugas PMI meminta agar warga masyarakat tetap mendonorkan darahnya, karena stok darah di PMI Kota Semarang sudah mulai menipis. Jumlah perolehan donor darah mulai 1 April sampai 13 April 2020 baru terkumpul 2.000 kantong, padahal sebelum mewabahnya virus corona (Covid-19) dalam waktu dua minggu bisa mencapai 7.000 pendonor. Petugas PMI Kota Semarang juga menerapkan social distancing/physical distancing dalam bekerja sehingga keamanan pendonor dan tenaga medis terjamin. Tribun Jateng/Hermawan Handaka 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hendra Gunawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) mulai menggunakan teknologi internet of thing (IoT) dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19.

Teknologi ini dilakukan sebagai langkah untuk membantu mitigasi dan pencegahan dalam menanggulangi penyebaran virus corona, sekaligus memberikan bantuan terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga medis.




IoT yang akan diterapkan antara lain dalam hal pembatasan fisik (physical distancing) dalam pengelolaan kendaraan operasional, penyemprotan disinfektan, serta monitor suhu box berisi plasma darah pada program penanggulangan Covid-19.

Baca: Berkat KataNone, Peyek Warga Makassar Ini Laris Lagi

Baca: Tambah 484 Pasien, Kasus Corona Indonesia 12 Mei Capai 14.749 Orang, 3.063 Sembuh

Menggandeng operator telekomunikasi Telkomsel untuk menyediakan solusi Order Management System (TOMS) dan Asset Performance Management (APM)

Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said mengatakan, Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 merupakan inisiatif PMI dalam melakukan upaya mitigasi dan pencegahan dalam menanggulangi penyebaran virus corona, sekaligus memberikan bantuan terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga medis. Program tersebut telah berjalan di berbagai daerah sejak Maret lalu.

PMI menjadwalkan program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 akan dilaksanakan selama enam bulan hingga September mendatang di 34 Provinsi di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Telkomsel berperan dalam menyediakan layanan IoT FleetSight dan TOMS untuk menjalankan fungsi kontrol terhadap sekitar armada kendaraan PMI.

Sedangkan layanan APM disediakan untuk memonitor suhu box berisi plasma darah yang dikirimkan dari Unit Donor Darah (UDD) PMI ke Rumah sakit di wilayah Jabodetabek.

"Penyediaan solusi meliputi pemberian perangkat yang dibutuhkan, lisensi aplikasi FleetSight, TOMS dan APM, serta konektivitas data yang digunakan untuk mengakses aplikasi," kata Sudirman dalam keterangan persnya, Selasa (12/5/2020)

Inisiatif ini membuktikan bahwa pemanfaatan teknologi IoT dapat secara efektif mengurangi keterlibatan manusia terutama ketika pembatasan fisik sangat diperlukan, sekaligus menjaga agar aktivitas operasional tetap dapat berjalan tanpa hambatan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas