Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kampanye Nasional ICCN Aksi Bersama untuk Sesama Diluncurkan Menteri Wishnutama

ABBS ini terdiri dari 5 program terpadu, sebagai wujud dari sikap tanggap dalam merespons kondisi darurat pandemi Covid-19

Kampanye Nasional ICCN Aksi Bersama untuk Sesama Diluncurkan Menteri Wishnutama
Istimewa
Menparekraf, Wishnutama Kusubandio. 

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Dihadiri oleh seluruh elemen pentahelix A-B-C-G-M (yaitu akademisi, pelaku bisnis/swasta, komunitas, pemerintah, serta media), para penggerak penting bagi ekosistem ekonomi kreatif, campaign "Aksi Bersama Bantu Sesama” (ABBS) hasil inisiasi serta kolaborasi jejaring Indonesia Creative Cities Network (ICCN) telah resmi dirilis secara daring atau online.

ABBS ini terdiri dari 5 program terpadu, sebagai wujud dari sikap tanggap dalam merespons kondisi darurat pandemi Covid-19 yang juga melanda Indonesia. 

Baca: Cerita ABK di Surabaya Nekat Pulang ke Padalarang: Sempat Jalan Kaki 15 Km, Baru Sampai DIY

"Lima program di bawah payung besar campaign 'Aksi Bersama Bantu Sesama' didesain dengan sangat luar biasa oleh seluruh teman-teman satgas ICCN yang kita luncurkan sore ini. Yang terus ingin kita pastikan, seluruh program dapat tepat sasaran. Mohon dukungan seluruh rekan agar inisiatif bersama ini dapat menjadi gerakan masif dan konkret," ungkap Fiki Satari, Ketua Umum ICCN, dalam sambutan pembuka acara peluncuran ABBS. 

Lima program terpadu dalam campaign ABBS ini adalah; Ajar (Akademi Belajar), ICS (Indonesia Creative Store), Rescue (Reaksi Cepat Komunitas Terdampak), Damping (Pendampingan Komunitas Terdampak), dan Pulih (Percepatan Usaha Komunitas Lintas Wilayah), yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri dalam tahapan mitigate & survive, recover, re-establish & develop, grow & sustain dalam ekosistem ekonomi kreatif.

Acara peluncuran ini pun didukung oleh para perwakilan dari UN-HABITAT dan DesignSingapore Council yang selama ini telah berkolaborasi dengan ICCN. 

“Pada intinya, semua kota sedang luar biasa terdampak. Saya mengerti tekanan yang sedang dihadapi oleh kepemimpinan semua kota di Indonesia, terutama yang pernah bekerja dengan saya. Atas nama UN-HABITAT, kami siap mendukung semua di sini, melalui ICCN dan mitra-mitra lainnya,” jelas Neil Khor dari UN-HABITAT, yang menyampaikan dari Nairobi, tentang pentingnya ketangguhan kota-kota kreatif dalam menghadapi wabah. 

Sedangkan Piah Choo (Design Singapore Council) menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Singapura untuk sosialisasi protokol kesehatan, seperti membuat serial konten kreatif "The COVID Chronicles" dan #BETTERBYDESIGN. 

Campaign ABBS ini pun secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak. Data tahun 2019 menyatakan bahwa ada kurang lebih 19 juta pekerja ekonomi kreatif dan 13 juta tenaga langsung pariwisata; belum termasuk ekosistemnya atau value chain-nya, yang berisiko terdampak COVID-19 ini," kata Wishnutama saat meluncurkan campaign ABBS melalui aplikasi Zoom yang difasilitasi oleh ICCN.

Wishnutama mengaku dalam tiap krisis ini selalu ada kesempatan.

Halaman
12
Penulis: Toni Bramantoro
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas