Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blibli dan Pemprov Jateng Dorong UMKM Gunakan E-commerce

Gerakan ini mengajak partisipasi berbagai perusahaan lintas industri agar menciptakan inisiatif yang mendukung produsen lokal.

Blibli dan Pemprov Jateng Dorong UMKM Gunakan E-commerce
Tribunnews/JEPRIMA
Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto saat menjadi pembicara pada konferensi pers HUT ke 8 Blibli.com di Hotel Santka, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (27/7/2019). Pada perayaan ulang tahunnya yang ke-8 Blibli kian berupaya untuk meningkatkan bisnis digital lewat teknologi dan pengalaman pelanggan dan terus berkomitmen untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerjasama mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mulai menggunakan e-commerce guna mendukung kinerja penjualan mereka.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan transformasi digital sudah menjadi fokus Pemerintah Jawa Tengah.

"Kami ingin mengajak semua industri, terutama UMKM, untuk meningkatkan adopsi teknologi guna mendongkrak performa bisnis dan ekonomi daerah. Penggunaan teknologi semakin krusial di tengah situasi Covid-19 yang menghadirkan bukan saja tantangan, namun juga kesempatan baru untuk mengembangkan bisnis," tutur Ganjar saat ngobrol santai secara virtual bareng Blibli beberapa waktu lalu.

Ganjar Pranowo.
Ganjar Pranowo. (Istimewa)

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, sektor KUMKM berkontribusi 5,23 persen pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Tengah.

Untuk membentengi ekonomi terhadap Covid-19, pemerintah dan perusahaan swasta harus saling berkerjasama dalam menjalankan berbagai program penguatan bisnis UMKM.

Pemerintah Indonesia telah meluncurkan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang bertujuan untuk mendorong perkembangan produk lokal.

Gerakan ini mengajak partisipasi berbagai perusahaan lintas industri agar menciptakan inisiatif yang mendukung produsen lokal.

Baca: Selama di Rumah Aja, Kategori Handphone dan Laptop Melonjak Tiga Kali Lipat di Blibli

Baca: Empat Kategori Produk Blibli yang Paling Banyak Dicari Pelanggan Selama Beraktivitas di Rumah

Blibli turut serta dalam gerakan ini dengan meluncurkan kampanye #KarenaLokalNo1 yang mengajak seluruh pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk lokal yang tersedia di platform.

CEO Blibli, Kusumo Martanto mengatakan bahwa salah satu elemen penting dalam kerja sama antara pemerintah dan perusahaan adalah mempertajam kemampuan kewirausahaan pengusaha UMKM.

Dengan pengetahuan dan kemampuan yang tepat, pengusaha UMKM akan handal memaksimalkan pengunaan teknologi dalam menggebrak pasar.

Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto saat memberikan kata sambutan disela-sela acara konferensi pers HUT ke 8 Blibli.com di Hotel Santka, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (27/7/2019). Pada perayaan ulang tahunnya yang ke-8 Blibli kian berupaya untuk meningkatkan bisnis digital lewat teknologi dan pengalaman pelanggan dan terus berkomitmen untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Tribunnews/Jeprima
Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto saat memberikan kata sambutan disela-sela acara konferensi pers HUT ke 8 Blibli.com di Hotel Santka, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (27/7/2019). Pada perayaan ulang tahunnya yang ke-8 Blibli kian berupaya untuk meningkatkan bisnis digital lewat teknologi dan pengalaman pelanggan dan terus berkomitmen untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

"Selama PSBB, Blibli berkolaborasi dengan pemerintah, asosiasi bisnis, dan ahli kewirausahaan untuk memberikan pelatihan lewat webinar bagi UMKM. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengusaha dalam meramu strategi bisnis, seperti meluncurkan produk inovatif dan strategi pemasaran, agar bisa mengembangkan usaha walau di tengah pandemi," ungkap Kusumo.

Blibli telah mengadakan lebih dari 350 kegiatan pelatihan bersama 35 komunitas di seluruh Indonesia. Di Jawa Tengah, Blibli telah menyelenggarakan hampir 50 kegiatan bersama para mitra, yang mencakup kementerian dan pemerintah provinsi, yang menjangkau lebih dari 1.500 pelaku UMKM.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas