Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Luncurkan KUMKM Hub, Kementerian Koperasi dan UKM Gandeng Bibli

Karena saat masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini pola konsumsi masyarakat berubah dari luring ke daring

Luncurkan KUMKM Hub, Kementerian Koperasi dan UKM Gandeng Bibli
freepik.com/tirachardz
Ilustrasi kiat belanja online baju lebaran 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menggandeng platform e-commerce Blibli.com, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Hub.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, program ini untuk membantu KUMKM menggerakkan roda perekonomian dengan pemanfaatan digitalisasi.

Baca: Sandiaga Harap Pemerintah Beri Bantuan Tunai untuk Pengusaha UMKM

Karena saat masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini pola konsumsi masyarakat berubah dari luring ke daring.

"Pemenuhan kebutuhan yang awalnya dilakukan dengan cara konvensional sekarang bergeser ke digital, dan menjadi adaptasi wajib yang dilakukan KUKM dan pemerintah sebagai sebagai akselerator," ucap Teten dalam keterangannya, Jumat (22/5/2020).

Menurut Teten, era digitalisasi khususnya ekonomi digital mendorong terjadinya sharing economy, yang dapat meningkatkan peluang pelaku usaha termasuk UMKM untuk ikut serta dalam dunia usaha.

"Dengan adanya kerja sama ini, kami sangat mengapresiasi dukungan Blibli dalam program pemasaran produk KUMKM dalam bentuk satu laman khusus yang dapat diakses melalui aplikasi Blibli dari gadget," kata Teten.

"Tentunya kami berharap platform e-commerce seperti Blibli mampu mengoptimalkan perannya untuk meperluas jaringan pemasaran, dan kesempatan bagi KUMKM tanpa terkecuali," lanjutnya.

Sementara itu, CEO Blibli Kusumo Martanto mengatakan pihaknya senang mendapat kepercayaan dari Pemerintah Indonesia, yaitu Kementerian Koperasi dan UKM untuk meluncurkan KUMKM Hub di Blibli.

Baca: Tips Hindari Kalap Makan Hidangan Manis dan Berlemak Saat Lebaran

"UMKM memainkan peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu Blibli percaya bahwa percepatan transformasi digital dapat membantu para pelaku UMKM di Indonesia mempertahankan usaha mereka dan bangkit di situasi yang cukup menantang saat ini," kata Kusumo.

Menurut Kusumo, dengan ekosistem yang lengka dan tim terbaik, serta teknologi yang handal Blibli dapat memberikan dukungan maksimal untuk mendorong perkembangan industri UMKM sebagai penopang ekonomi di Indonesia.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas