Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pengamat: RDMP Balikpapan Bisa Suplai Kebutuhan BBM Wilayah Kalimantan

Saat ini, proyek strategis nasional yang digarap PT Pertamina (Persero) itu progresnya telah mencapai 16,33 persen.

Pengamat: RDMP Balikpapan Bisa Suplai Kebutuhan BBM Wilayah Kalimantan
PERTAMINA
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat energi Mamit Setiawan menilai proyek pembangunan kilang Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan akan sanggup memenuhi kebutuhan BBM di kawasan Kalimantan dan sekitarnya.

Menurutnya, proyek RDMP Kilang Balikpapan merupakan suatu langkah strategis dalam menjaga ketahanan energi nasional terutama untuk kawasan Indonesia bagian timur.

"Dengan peningkatan kapasitas sebesar 100.000 BOPD dari 260.000 menjadi 360.000 BOPD setidaknya ke depan dapat memenuhi kebutuhan BBM di kawasan Kalimantan," ujar Mamit, Selasa (2/6/2020).

Saat ini, proyek strategis nasional yang digarap PT Pertamina (Persero) itu progresnya telah mencapai 16,33 persen.

Direktur Executive Energy Watch mengatakan, satu keunggulan lagi dari RDMP Balikpapan adalah peningkatan kualitas BBM dari standar setara EURO II menjadi setara EURO V.

Dia menjelaskan ini sejalan dengan keinginan pemerintah dan juga dunia international untuk menyediakan BBM berkualitas dan ramah terhadap lingkungan.

"Point penting lain dari project RDMP Balikpapan ini adalah mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar sehingga Ekonomi masyarakat sekitar bisa tumbuh dan terus terjaga daya belinya," ungkapnya.

Dia menilai proyek ini sangat membantu pemerintah daerah terkait dengan penerimaan pajak dan juga non pajak untuk pembangunan daerahnya.

Jumlah pekerja yang terlibat dalam proyek ini sangat signifikan sehingga ditengah kondisi pandemik seperti ini sangat membantu dalam mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

Baca: Kesal dengan Cara Tangani Rusuh, Presiden Trump Cecar Gubernurnya: Mayoritas dari Kalian, Lemah!

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas