Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Perusahaan Nasional Harus Mampu Lakukan Transformasi Bisnis

Transformasi bisnis dinilai menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan nasional yang ingin menjadi pemain global.

Perusahaan Nasional Harus Mampu Lakukan Transformasi Bisnis
pixabay/startupstockphotos
Ilustrasi bisnis. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Transformasi bisnis dinilai menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan nasional yang ingin menjadi pemain global.

Guru besar ilmu ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) Profesor Mudrajad Kuncoro mengatakan, melalui proses transformasi sebuah perseroan akan lebih kompetitif, responsif dan professional.

“Wajib hukumnya perusahaan melakukan transformasi, apalagi bagi perusahaan yang sudah cukup lama beroperasi. Tanpa transformasi mereka bisa tergeser oleh perusahaan-perusahaan baru yang biasanya lebih agresif dan didukung teknologi tinggi,” kata Mudrajad dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (2/7/2020).

Baca: Fajrin Rasyid Sebut Transformasi Digital Sebuah Keharusan, Ini Alasannya

Mudrajad mengapresiasi perusahaan yang berani melakukan transformasi dengan cara meningkatkan kualitas teknologinya, baik di sisi produksi, keuangan, maupun pemasaran.

“Proses bisnis itu sangat dinamis dan selalu berhubungan dengan perkembangan teknologi yang terus berubah. Jadi penerapan teknologi dan cara kerja baru menjadi tidak terhindarkan jika perusahaan ingin terus berkembang,” paparnya.

Baca: Terjun ke Dunia Bisnis? Dapatkan Trik-Triknya di Seminar Gratis #MATALOKALIVE

Gunung Raja Paksi

Di sisi lain, produsen baja swasta, PT Gunung Raja Paksi (GRP) melakukan sejumlah transformasi pada seluruh proses bisnisnya dari hulu ke hilir.

“Kami percaya bahwa transformasi merupakan salah satu cara untuk menciptakan kembali gairah bisnis, untuk membangun kebaikan yang lebih besar bagi industri baja di Indonesia," kata Presiden Komisaris PT GRP Tony Taniwan.

Menurut Tony, salah satu manfaat transformasi adalah perusahaan dikelola secara lebih transparan sehingga lebih mudah dalam pengawasan dan koordinasi.

Sebagai contoh, PT GRP saat ini sudah menggunakan dashboard untuk memantau kinerja perusahaan di setiap bagian, baik operasional, produksi, penjualan, maupun keuangan.

“Jadi semua data terkait indikator-indikator kinerja perusahaan tersedia secara real-time, sehingga manajeman selalu mendapatkan informasi terbaru jika perlu mengambil keputusan di rapat kerja mingguan,” ucapnya.

Tony mengakui bahwa transformasi bisnis tidak selalu mendapat dukungan penuh dari semua stakeholder perusahaan.

"Melalui diskusi yang konstruktif pada akhirnya semua pihak akan mendukung sebab transformasi bisnis adalah keniscayaan jika perusahaan ingin lebih maju lagi ke depan," paparnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas