Tribun Bisnis

Jamkrindo Jamin Kredit Modal Kerja UMKM

Dalam penjaminan kredit modal kerja UMKM ini, pemerintah menugaskan PT Jamkrindo dan PT Askrindo sebagai penjamin.

Editor: Hasanudin Aco
Jamkrindo Jamin Kredit Modal Kerja UMKM
Istimewa
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (kanan) dan Direktur Utama PT Jamkrindo Randi Anto (Kiri) menyaksikan penandatanganan kerja sama penjaminan kredit modal kerja untuk usaha mikro, kecil, dan menengah dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kantor PT Jamkrindo pada Selasa 7 Juli 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Jamkrindo ikut terlibat dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penjaminan kredit modal kerja untuk usaha mikro, kecil, dan menengah.

Program ini dijalankan pemerintah sebagai stimulus untuk menggerakkan perekonomian yang terdampak pandemi covid-19.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilaksanakan PT Jamkrindo dengan pemerintah lebih dahulu melalui perjanjian kerjasama penjaminan (PKP), kemudian disusul penandatanganan antara PT Jamkrindo dengan bank penyalur kredit modal kerja untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) pada Selasa (7/7/2020).

Dalam penjaminan kredit modal kerja UMKM ini, pemerintah menugaskan PT Jamkrindo dan PT Askrindo sebagai penjamin.

Acara ini disiarkan secara virtual disaksikan pula oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Kepala sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.

Baca: Pemerintah Siapkan Jaminan Modal Kerja UMKM Rp 100 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan menggelontorkan dana Rp 5  triliun kepada UMKM.

Diharapkan, nantinya dana tersebut dapat berputar sekaligus dinikmati oleh UMKM melalui penjaminan kredit modal kerja.

Tak hanya itu, ia menegaskan nantinya UMKM yang mengajukan pinjaman Rp 10 miliar pun premi kreditnya akan dijamin oleh pemerintah melalui PT Jamkrindo serta PT Asakrindo.

“Sehingga, melalui program ini artinya UMKM diharpakan bisa kembali bangkit. Kalau kemarin diberikan restrukturisasi untuk menunda pembayaran pokok dan subsidi bunga, maka sekarang pemerintah memberikan KMK yang dijamin oleh pemerintah sendiri. Tujuannya agar UMKM kembali bangkit sehingga pajak usaha di tanggung oleh pemerintah,” kata dia.

Tak hanya itu untuk menjaga kualitas pendanaan, Sri mulyani bilang pemerintah turut menempatkan dana di perbankan agar dana murah yang suku bunganya 80% dari BI7DRRR dapat terhubung ke Kredit Modal Kerja (KMK) yang memiliki bunga murah.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas