Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Rusia Jualan Minyak Arktik ke Asia, China Jadi Pasar Pertama

Raksasa energi Rusia, Gazprom Neft, mulai memasok minyak mentah dari ladang minyaknya di Arktik Port Novy ke China.

Rusia Jualan Minyak Arktik ke Asia, China Jadi Pasar Pertama
RCI
Perusahaan energi Rusia, Gazprom Neft. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, MOSKWA - Raksasa energi Rusia Gazprom Neft mulai memasok minyak mentah dari ladang minyaknya di Arktik Port Novy ke China.

Perusahaan tersebut mengumumkan bahwa batch pertama sebanyak 144.000 ton minyak mentah itu telah dikirim ke pelabuhan Yantai.

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (14/7/2020), rute yang dilewati kapal tanker Rusia ini mulai dari Murmansk ke Yantai, melintasi laut Arktik dan tiga samudera serta membutuhkan waktu 47 hari.

Seperti yang disampaikan Wakil Direktur Jenderal Gazprom Neft untuk Logistik, Pemrosesan dan Penjualan Anatoly Cherner.

"Pengalaman sukses dalam penjualan minyak Arktik di pasar Eropa dan wawasan mendalam tentang pasar Asia-Pasifik, memungkinkan Gazprom Neft untuk menawarkan minyak Novy Port dengan skema logistik sepanjang tahun yang menarik bagi mitra Asia," kata Cherner.

Baca: Rusia Bikin Kapal Pemecah Es Bertenaga Nuklir Terbesar dan Terkuat di Dunia untuk Arungi Laut Arktik

Menurutnya, China merupakan mitra strategis bagi perusahaannya dalam memperluas pasar minyak yang dipasok dari Arktik ke kawasan Asia-Pasifik.

"Mempertimbangkan rencana perusahaan untuk memperluas geografi pasokan minyak Arktik, pengembangan kerja sama dengan pembeli di China dan negara-negara lain di kawasan Asia-Pasifik sangat strategis bagi kami," jelas Cherner.

Baca: Rusia Terus Tambah Cadangan Emasnya

Perlu diketahui, Gazprom Neft mulai mengekspor minyak yang diproduksi di Arktik Rusia sejak 2013 silam, setelah sukses mengirim lebih dari 40 juta ton ke negara-negara Eropa.

Varietas campuran ini meliputi ARCO (bidang Prirazlomnoye) dan Novy Port (bidang Novoportovskoye).

Dengan cadangan sebesar 250 juta ton, ladang minyak Novy Port menjadi salah satu ladang kondensat minyak dan gas terbesar di Arktik Rusia.

Untuk memasok minyak dari ladang Arktik, Gazprom Neft menggunakan skema transportasi dan logistik yang unik, ini tentunya memastikan ekspor bisa dilakukan sepanjang tahun dengan biaya minimal.

Transportasi dan logistik itu termasuk diantaranya platform produksi minyak Prirazlomnaya, terminal minyak Arktik Gates di Teluk Ob, armada kapal tanker, juga kapal berbahan bakar LNG, kapal pengawal pemecah es dan terminal pengiriman minyak lepas pantai di Murmansk.

Efisiensi dan keamanan pengiriman pun dijamin oleh sistem manajemen logistik Arktik digital pertama di dunia, yang disebut 'Captain'.

Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas