Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pertamina EP Berhasil Tingkatkan Produksi di Tengah Pandemi

Sumur yang mulai dibor pada 28 April 2020 itu mencapai kedalaman akhir 2561 M pada 17 Juni 2020.

Pertamina EP Berhasil Tingkatkan Produksi di Tengah Pandemi
ist
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19 dan rendahnya harga minyak dunia, PT Pertamina EP, sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero), tetap berupaya memenuhi target produksi dan meningkatkan cadangan minyak untuk menjaga ketahanan energi nasional.

Memasuki semester II 2020, Pertamina EP berhasil meningkatkan produksi migas melalui program well intervention di sumur SKW-21 Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dan pengeboran baru di sumur SBJ-343 Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pertamina EP juga berhasil meningkatkan cadangan migas dari kegiatan eksplorasi yang dilakukan di Area Jawa Bagian Barat pada sumur Akasia Prima (AKP) -001 di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dan sumur Wolai (WOL)-002 di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Baca: PGN-Pertamina EP Tandatangani Perjanjian soal Penyesuaian Harga Gas Bumi Hulu

Melalui program well intervention di sumur SKW-21 yang merupakan wilayah kerja PT Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, produksi minyak berhasil ditambahkan sebesar sebesar 2.200 barel per hari (BOPD).

Baca: Kuartal I 2020, Pertamina EP Raup Laba 169 Juta Dolar AS

“Sumur SKW-21 per tanggal 21 Juli 2020 menambahkan total produksi menjadi sebesar 9.821 BOPD melebihi target harian yang dibebankan kepada Sukowati Field,” ujar Direktur Utama PT Pertamina EP Eko Agus Sardjono, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/7/2020).

Sebagai salah satu lapangan backbone di Pertamina EP Asset 4, Sukowati Field menyumbang 60 persen dari keseluruhan produksi minyak di Pertamina EP Asset 4 dan salah satu upaya Sukowati Field untuk mencapai target produksi tersebut adalah dengan melalui kegiatan servis pada sumur yang dikelolanya.

Selain itu, pengeboran baru yang menambahkan produksi sebesar 381 BOPD juga berhasil dilaksanakan di sumur SBJ-343 Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field.

Sumur SBJ-343 yang ditajak pada 17 Juni 2020 akan menambahkan produksi minyak Pertamina EP Sangasanga Field yang saat ini mencapai (YTD) 5.672 BOPD dan gas sebesar 2,612 MMSCFD.

Selain kesuksesan pelaksanaan program di Sukowati Field dan Sangasanga Field, Pertamina EP juga berhasil menemukan sumber daya migas baru untuk memenuhi kebutuhan energi negeri yang didapatkan dari pengeboran eksplorasi Sumur Akasia Prima (AKP)-001.

Halaman
12
Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas