Tribun Bisnis
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wamenkeu: Pegawai Kemenkeu Rindu Kerja Bareng di Kantor

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, menurunnya interaksi antarmanusia karena pegawai tidak lagi saling bertemu di kantor.

Wamenkeu: Pegawai Kemenkeu Rindu Kerja Bareng di Kantor
Reynas Abdila
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Kementerian Keuangan, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, sistem bekerja dari rumah atau work from home menghilangkan beberapa interaksi antarpegawai.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, menurunnya interaksi antarmanusia karena pegawai tidak lagi saling bertemu di kantor.

Baca: Kemenkeu: 90 Persen Pegawai Bisa Selesaikan Pekerjaan Secara Online

"Human interaction menurun, kita tidak ketemu teman sekantor. Kita tidak ketemu dengan komunitas di kantor yang biasanya 5 hari dalam sepekan bertemu," ujarnya saat teleconference, Rabu (12/8/2020).

Menurutnya, kerinduan pegawai Menteri Keuangan Sri Mulyani ini membuat sedikit perbedaan dalam melakukan pekerjaan meski terselesaikan.

"Kita menjadi tidak ketemu bertatap muka secara langsung. Maksud saya tentu ini pasti ada perbedaannya dengan kalau ada sejumlah pertemuan," kata Suahasil.

Kendati pekerjaan bisa digantikan secara virtual, dia menambahkan, pada tahap tertentu memang harus tetap dilakukan melalui pertemuan meski tidak sesering dulu.

"Karena itu bagian dari melakukan pembinaan, melakukan pengecekan, dan juga berinteraksi. Tentu ini harus menjadi pemikiran kita, sampai titik mana kita melakukan virtual dan titik mana kita tetap membutuhkan pertemuan ketika kita melakukan transformasi digital ini," pungkasnya.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas